Brilio.net - Belakangan ini, banyak orang yang menerapkan hidup hemat dengan konsep frugal living maupun gaya hidup minimalis. Tak berbeda jauh, bisa dikatakan, orang-orang yang menerapkan gaya hidup ini lebih memprioritaskan kebutuhan dari segi nilainya dengan meminimalkan pengeluaran untuk investasi di masa depan.

Namun, berbeda dengan yang dilakukan seorang pria asal Singapura ini. Melansir dari whatareyoudoing.sg, pria bernama Daniel Tay ini mampu menghemat uangnya dengan mengikuti gaya hidup freegan, memanfaatkan sampah sebagai kebutuhan hidup. Daniel melakukan 'memulung' dan membongkar tempat sampah untuk mencari benda yang bisa dimanfaatkan kembali, termasuk makanan.

pria habiskan 100 ribu perbulan © berbagai sumber

foto: whatareyoudoing.sg

Gaya hidup yang dijalani Daniel pun membuatnya hanya menghabiskan 8 SGD atau sekitar Rp 91 ribu dalam sebulan untuk biaya makan. Padahal, bagi sebagian orang nominal yang sama bisa dihabiskan hanya untuk sekali makan. Terlebih, bagi mereka yang tinggal di Singapura, sebagai negara dengan biaya hidup yang tergolong tinggi di dunia.

"Dalam dua tahun, saya telah menemukan bahwa, meskipun orang mengeluh tentang biaya hidup, masih mungkin untuk tinggal di Singapura tanpa membeli banyak makanan atau barang lainnya," tuturnya, dilansir brilio.net, Rabu (19/7).