Brilio.net - Seiring popularnya istilah frugal living, banyak orang yang kemudian melek akan finansial dan mencoba menerapkan gaya hidup tersebut pada dirinya. Namun, sayangnya, hype ini tidak diikuti dengan pemahaman yang rinci tentang apa frugal living itu.

Secara sederhana, frugal living adalah gaya hidup hemat. Tapi hemat yang seperti apa? Nah, di sini banyak orang yang salah persepsi dan berasumsi yang penting mengeluarkan sedikit uang demi berhemat. Padahal tidak seperti itu juga.

Tujuan frugal living memang meminimalkan pengeluaran semaksimal mungkin, tapi tanpa mengorbankan kebutuhan dasar dan kualitas hidup yang layak. Jadi, bukan berarti kamu hemat, lantas kamu menyiksa diri dengan makan sehari sekali disaat kamu butuh makan 3 kali sehari misalnya.

Pada dasarnya, frugal living mengajarkan untuk hidup lebih sederhana, menghindari pemborosan, dan menghargai nilai dari setiap uang yang dikeluarkan. Cara dan bagaimana orang menerapkan frugal living itu boleh jadi berbeda. Ada yang kemudian menghemat uang makan, menghemat uang perawatan wajah, meminimalkan makan di luar, dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan ibu muda satu ini menerapkan frugal living di keluarganya? Brilio.net melansir dari akun TikTok @si.ibuun, pada Selasa (18/7), seorang ibu muda men-spill catatan keuangannya sampai dia bisa punya tabungan Rp 63 juta tahun kedua pernikahannya.

frugal living beli mobil © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun

Sebelumnya, postingan akun @si.ibuun tersebut viral dan menuai pro dan kontra dari warganet karena dianggap gaya hidup hematnya terlalu tidak masuk akal, sebab dinilai terlalu irit dan mengada-ada.

Merespons hal tersebut, akun @si.ibuun ini pun memberikan penjelasan bagaimana dia bisa mencapai beli mobil dan rumah dalam waktu singkat, padahal gajinya hanya Rp 4,5 juta per bulan.

frugal living beli mobil © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun