Lewat video yang diunggah pada Minggu (16/7), wanita tersebut menjelaskan gajinya yang semula Rp 3,5 juta naik menjadi Rp 4,5 juta. Meskipun pendapatannya naik, tapi gaya hidupnya tetap sama dan dia memilih untuk meningkatkan bujet tabungan saja.

Pada tahun pertama, pengeluaran ibu muda ini hanya Rp 3.235.000. Mengingat pada tahun kedua pernikahan dia sudah memiliki anak, otomatis pengeluarannya bertambah. Total pengeluaran selama sebulan pada tahun kedua yakni mencapai Rp 4.435.000.

frugal living beli mobil © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun

Pada tahun kedua pernikahan inilah ibu muda ini membeli mobil second dengan cara tunai menggunakan uang tabungan plus THR dan bonus yang sudah dikumpulkan. Sayangnya tidak disebutkan berapa total harga mobil tersebut, tapi tabungan, bonus, dan THR yang sudah kekumpul pada tahun kedua mencapai Rp 63 juta.

Tak mau tinggal mengontrak selamanya. Ibu muda dan suaminya ini pun bertekad membeli rumah dengan cara KPR pada tahun ke-5 pernikahan. Berdasarkan penuturannya, dia mencari bank yang bisa memulai KPR dengan uang DP yang murah.

frugal living beli mobil © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun

Untuk membeli rumah, ibu satu ini tidak menggunakan uang THR maupun bonus yang didapat setiap tahun. Karena uang itu dialokasikan untuk biaya sekolah anaknya yang masuk TK, untuk liburan, memberi ke keluarga (orang tua), dan spending untuk momen Lebaran.

Sehingga saat itu dia membayar DP KPR rumah sebesar Rp 2 juta dengan menjual mas kawin miliknya. Dia mengambil cicilan selama 10 tahun.

 

Sekadar informasi, pada tahun ke-4 dan 5 pernikahan mereka, ibu anak satu ini juga sempat berbisnis dari sisa pengeluaran tahun tersebut. Sayangnya, usaha itu saat ini sedang mandek tanpa diketahui sebabnya.

"Banyak yg diralat kan akhirnya karena ya mnrtku dia bilang 3,5 jt maybe gapok suaminya. Biar seakan2 hidupnya hemat dan hebat bisa nabung," ujar Rayyan.

"semangat mba, btw aku juga ga habis fikir ada temen suamiku gaji nya cuma 1,5 tp dicukup2in dan tetep bisa nabung. (rumah dr orgtua) anak 3," kata Bunda Farabi .

"kalau cuma hitung2an kasar aku yg gajinya 7juta diitung2 pengeluaran itu harusnya cuma 3 jutaan.tapi kenyataannga dilapangan tiap hari pengen jajan ," timpal Sarah Mom.

"d vt awal bilangny bisa beli rmh d thn ke 5..eh maksudny baru ajuin kpr,dp pakai mas kawin,sungguh d luar nayla," balas jahitandewi.

@si.ibunn Membalas @ERRAMART Pengingat - Good Morning Everyone