Brilio.net - Demi menjaga pengeluaran hidup tetap terkendali, ada banyak orang yang mulai menjalani gaya hidup hemat dengan mengusung konsep frugal living. Konsep hidup hemat ini pun belakangan happening di media sosial. Banyak yang kemudian membagikan tips hidup hemat ala frugal living.

Seperti wanita satu ini, yang memiliki akun TikTok @cindyarmdya. Wanita yang akrab disapa Cindy ini membeberkan pengeluaran tiap bulan bersama sang suami selama hidup di kota metropolitan, Surabaya. Menolak godaan untuk hidup berlebihan dengan menerapkan frugal living, ia mengungkapkan hanya mengeluarkan bujet Rp 1 jutaan saja lho perbulan.

"Hidup sejutaan perorang perbulan di ibu kota bisa? bisa puol kalo buat kita, malah nyisa, biaya hidup disini itu ngga mahal, yang mahal gaya hidup," terangnya, dilansir Kamis (13/7).

Dalam mengelola keuangan rumah tangganya, Cindy menerapkan dual income no kids. Artinya, pasangan yang belum dikaruniai buah hati ini menggabungkan gaji berdua (suami+istri) untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai informasi pemasukan mereka sebulan mencapai Rp 18 sampai Rp 35 juta yang bersumber dari gaji, side job, dan keuntungan usaha.

Untuk urusan transportasi, Cindy mengaku memilih untuk menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan mengendarai mobil. Kendaraan roda empat hanya ia gunakan untuk mudik dan keperluan yang lebih penting.

Selain lebih cepat saat jalanan ramai dan macet, hal ini juga untuk mengurangi pengeluaran. Dalam sebulan, ia hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 400 ribu untuk transportasi.

wanita keluarga bujet Rp 1 juta per bulan © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

"Transport 400 ribuan. Lah kok murah? Kantor suami hanya 2 km dari rumah, sehari hari lebih suka naik motor lebih zat zet," papar Cindy.

Sementara untuk entertain, seperti aplikasi tv channel maupun aplikasi streaming musik, ia hanya mengeluarkan dana Rp 200 ribu sebulan. Pengeluaran tersebut termasuk tak banyak lantaran ia dan suami jarang nongkrong keluar dan lebih memilih menonton film dari rumah. Sedangkan untuk pulsa telepon atau internet, ia dan sang suami mengandalkan wifi.

wanita keluarga bujet Rp 1 juta per bulan © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

"Biaya entertain 200 ribuan sebulan. Jarang nongkrong, males keluar. Lebih suka nonton berdua di rumah," tambahnya.