Brilio.net - Frugal living merupakan konsep hidup dengan menekankan kesadaran saat mengeluarkan uang. Dengan konsep ini, kita tetap dapat hidup layak dengan menekan gaya hidup yang tidak perlu-perlu amat. Ada banyak kasus jika sekali gajian, uang akan dibelanjakan untuk membeli barang wishlist maupun jajan dan nongkrong di cafe.

Jika kamu masih kerap boncos karena mengeluarkan uang untuk gaya hidup boros, ada baiknya mulai menerapkan pengelolaan keuangan dengan bijak. Berbeda dengan pelit, frugal living memprioritaskan pengeluaran yang penting. Dengan konsep ini, kamu dapat menabung dan tetap nongkrong cantik, lho.

Apalagi jika kamu memiliki tujuan tertentu dalam hidup. Seperti ingin berangkat naik haji, membeli rumah, atau melakukan investasi jangka panjang, konsep ini cocok diterapkan. Seperti yang dilakukan oleh wanita berusia 25 tahun ini.

frugal living berangkatkan umrah orang tua © TikTok/@hiqma_98

foto: TikTok/@hiqma_98

Dilansir dari akun TikTok @hiqma_98, wanita ini menerapkan frugal living untuk kehidupan sehari-harinya. Wanita ini diketahui hanya menghabiskan 20 persen gajinya untuk biaya hidup. Ia benar-benar membatasi pengeluaran dan hanya membeli kebutuhan pokok saja.

"Bisa berangkatin ke-2 orang tua umrah di umur 25 cuma modal yakin. Hanya dengan menerapkan gaya hidup ini. Salah satu trik aku agar aku bisa menabung untuk memberangkatkan ke-2 orang tua adalah dengan menerapkan gaya hidup frugal living," kata pemilik akun TikTok @hiqma_98, dikutip pada Rabu (5/7).

Berkat menganut konsep gaya hidup ini, ia berhasil memberangkatkan umrah kedua orang tuanya dengan gajinya, lho. Wanita ini menabungkan 80 persen penghasilannya untuk memberangkatkan kedua orang tuanya umrah.

frugal living berangkatkan umrah orang tua © TikTok/@hiqma_98

foto: TikTok/@hiqma_98

"Gaya hidup frugal living ini bisa membantu aku untuk save pengeluaranku hingga 80%. Sehingga 80% dari penghasilanku aku tabung untuk memberangkatkan ke-2 orang tua umrah," ungkapnnya lebih lanjut.