Brilio.net - Generasi milenial merupkan generasi yang dianggap melek dengan teknologi dan juga informasi. Hal itu membuat mereka dapat dengan mudah mengakses apa pun dan kapan pun hanya dengan smartphone dan juga laptop.

Ada banyak keuntungan yang mereka dapatkan ketika hidup di zaman sekarang karena bisa memenuhi kebutuhan hanya dengan sentuhan jari, mulai dari berkomunikasi dengan teman jarak jauh hingga berbelanja melalui e-commerce.

Namun ternyata kemudahan ini justru membuat para anak muda ini justru lebih bersikap boros. Alhasil banyak anak muda yang sulit menabung karena tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Nah kali ini brilio.net akan membagikan tips cara mengatur keuangan lebih praktis dan mudah. Berikut rangkumannya seperti dilansir dari siaran pers Air Asia, Rabu (27/1).

1. Buat rencana keuangan

Loading...

Cara atur keuangan © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Setiap mendapat gaji bulanan penting untuk kita mengatur keuangan. Langkah paling mudah untuk memulainya adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran rutin setiap bulannya. Kamu bisa mencatat di buku catatan khusus (notebook) atau menggunakan aplikasi keuangan terpercaya.

2. Prioritaskan membayar hutang

Cara atur keuangan © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Hal yang tak kalah penting adalah segara membayar hutang atau cicilan. Dengan memprioritaskan membayar hutang dan cicilan dapat dapat membantu anggaran menjadi lebih sehat untuk jangka panjang. Jadi, sebisa mungkin sebaiknya hindari berhutang atau menyicil sesuatu yang tidak kamu perlukan.

Sebisa mungkin, hindari kredit untuk sesuatu yang value-nya semakin menurun. Andai kamu memiliki hutang untuk aset yang sering digunakan alias hutang produktif itu sah-sah saja. Sesuaikan juga hutang dengan jumlah penghasilan, maksimal 30% dari pendapatan.

3. Buat dua rekening

Cara atur keuangan © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Sebaiknya kamu tidak hanya memiliki satu rekening. Paling tidak milikilah dua rekening agar cash flow semakin mudah untuk diatur. Nantinya rekening pertama dipakai untuk seluruh transaksi, seperti menerima gaji dari kantor, dan membayar seluruh tagihan. Sedangkan rekening kedua digunakan untuk menabung dan investasi.

4. Manfaatkan promo

Cara atur keuangan © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Anak muda memang tidak bisa lepas dari gaya hidup yang selalu ingin bersenang-senang. Misalnya saja nongkrong dari satu cafe ke cafe lain atau menikmati liburan bersama teman-teman. Itu sama sekali tidak salah. Namun saat akan berlibur, manfaat segala sesuatunya yang sedang promo. Misalnya seperti tiket pesawat dan hotel.

Banyak aplikasi agen perjalanan yang menyediakan berbagai promo menarik untuk para calon wisatawan traveling dengan lebih hemat. Salah satunya adalah airasia.com yang menggelar program Gajian Big Sale, pergi hemat pakai Maskapai AirAsia mulai dari Rp 351 ribu ke beberapa destinasi wisata mulai dari Bali, Belitung, Medan, Palembang, Padang dan banyak destinasi menarik lainnya bersama AirAsia. Promo ini juga memberi gratis bagasi 15 kg.

Selain Maskapai AirAsia, kamu juga bisa terbang dengan Maskapai apapun mulai dari Rp 324 ribu. Kamu bisa terbang ke Makassar, Malang, Balikpapan, Samarinda, Manado dan banyak destinasi lokal menarik lainnya. Promo tiket ini bisa dipesan mulai 25 Januari hingga 31 Januari dengan periode penerbangannya dari sekarang hingga 30 Juni 2021.

Selain tiket pesawat juga ada promo hotel hingga 75% Hotel di Jakarta, Bali, Surabaya, dan Medan. Untuk periode pemesanan dari 27 Januari hingga 29 Januari 2021 dan periode menginap dari 27 Januari hingga 30 Juni 2021. Lebih hemat, pesan sekarang di airasia.com atau Aplikasi airasia.com.

5. Investasi

Cara atur keuangan © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Sejak muda memang disarankan untuk berinvestasi agar kehidupan lebih baik ke depannya. Saat ini banyak sekali cara untuk berinvestasi mulai dari bermain saham, reksadana, hingga deposito.