Ia menambahkan, jika orang tuanya hanyalah pekerja bengkel. Hidup sederhana yang sudah ia rasakan sejak kecil membuatnya terbiasa dengan kesederhanaan. Sehingga, ketika penghasilannya naik sampai Rp 35 juta, ia tak membelanjakan seluruhnya untuk memenuhi gaya hidup. Disebutkan, perbulannya, ibu satu anak ini hanya menghabiskan uang sebesar Rp 5 juta.

"Padahal ayahku cuma kerja di bengkel dengan gaji di bawah UMR, dan cuma bisa kasih warisan pendidikan buat anaknya. Karena terbiasa hidup susah dari kecil, aku jadi terbiasa dengan gaya hidup sederhana. Meskipun income naik, tapi lifestyle nggak naik," terangnya.

Dalam mengelola keuangannya, Chintya membagi pengeluarannya dalam beberapa pos. Untuk pengeluaran belanja kebutuhan sehari-hari, ia membelanjakan dana sekitar Rp 200-250 ribu perbulan.

Ia pun menghapus belanja bulanan dalam daftar rencananya, dan menggantinya dengan belanja sesuai kebutuhan. Selain itu, penting banget menuliskan kebutuhan apa yang akan dibeli. Biasanya Chintya membeli produk yang ukurannya lebih besar serta mencari yang diskon.

"Belanja bulanan 200-250k/bln. Sekali belanja 600k utk 3 bln. Biaya makan 1-1,2jt/bln. Bayar air 32k/bln/ Bayar listrik cuma 280-280k/bln," papar ibu satu anak ini.

Menerapkan konsep frugal living juga membuat @chintyamelsan 'puasa' beli skincare selama tiga tahun. Sebagai gantinya, dia mendapat sponsoran dari teman. Selain itu, wanita berusia 25-an ini bisa tetap bisa menyewa jasa ART (Asisten Rumah Tangga) harian yang dibayar Rp 1 juta per bulan, dengan masa kerja 3 jam per hari.

frugal living beli mobil tapi dihujat © TikTok

foto: TikTok/@chintyamelsan

"Manfaatin jasa ART harian (3jam/hari) lebih cut bduget 1jt/bln. Skincare Rp 0 selama 3 thn sponsorin teman," ungkapnya.

Siapa sangka gaya hidup hemat yang dilakukan oleh @chintyamelsan dapat membawanya menghemat jutaan rupiah. Bahkan dirinya bisa membeli mobil di usianya yang masih 25 tahun. Meski disebut penipu, tak sedikit yang memuji pengelolaan keuangan Chintya yang menerapkan frugal living.

frugal living beli mobil tapi dihujat © TikTok

foto: TikTok/@chintyamelsan

"Makanya orgtua zaman dlu penghasilan dikit tapi aset dimana2 bisa beli tanah rumah, karna mereka hidup cukup dan sederhana," kata @amooyyyy9

"brti kmu sukses luar biasa kak smpe org lain ngiranya enak nya doang., semangat kak maju terus justru hal" bgni bsa jdi motivasi kita smua," tambah @oktaviadini016

"kykny banyak yang salah mengartikan frugal living, konsepnya bukan potong cost, untuk membeli sesuatu, tapi lebih ke arah mindfull untuk pengeluaran," ujar sunflowers.

@chintyamelsan 25th gaji 17jt dikira penipu, org iri sampe segitunya ya #frugalliving #hidupminimalist #fypviral #gaji Tak Segampang Itu Anggi Marito - Sadvibes