Brilio.net - Mengatur keuangan tetap stabil di tengah kebutuhan yang kini serba mahal tentu bukan hal mudah dilakukan. Tapi nyatanya, nggak sedikit yang berhasil menerapkannya. Tak lain karena menganut gaya hidup hemat ala frugal living. Seperti yang belakangan ini tengah tren di kalangan milenial.

Gaya hidup ini dinilai efektif dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan, dan tetap menjaga kualitas hidup dengan baik. Contoh nyata praktik frugal living dilakukan oleh pasangan yang berhasil membeli rumah sekaligus mobil di usia yang masih muda, yakni 21 tahun.

Sebagaimana dilansir brilio.net pada Rabu (26/7), ia adalah Annida Sofia Aulia dan suaminya membuktikan bisa hidup hemat untuk mewujudkan impiannya. Keduanya kompak menjalani frugal living sejak masih pacaran, hingga akhirnya bisa sama-sama menabung untuk membeli rumah dan mobil.

Dengan pemasukan yang tak disebutkan, Annida sudah menjalani praktik frugal living selama 2 tahun sebelum menikah. Mereka menolak godaan untuk hidup berlebihan dan fokus pada memprioritaskan tabungan untuk tujuan jangka panjang. Annida pilih anti foya-foya nongkrong di cafe dan tak membeli barang mewah.

frugal living wanita beli rumah 21 tahun © TikTok

foto: TikTok/@annidaasofiaa

"2 Tahun hidup hemat, ga nongkrong, ga beli barang mewah, fokus bisnis, fokus nabung," tuturnya, seperti dilansir brilio.net dari akun TikTok @annidaasofiaa.

Namun, tak serta merta usaha yang dirintisnya dari nol ini langsung menghasilkan pundi-pundi rupiah fantastis. Membangun usaha dengan modal 200 ribu, ia bisa mewujudkan impiannya setelah beberapa tahun kemudian.