Brilio.net - Istilah hidup hemat yang kerennya disebut frugal living kini tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Di tengah kondisi yang serba mahal, konsep hidup hemat ini dinilai jadi cara yang tepat untuk bijak dalam mengelola keuangan.

Bukan hanya untuk pasangan suami istri, konsep hidup hemat ini bisa diterapkan ke semua orang dengan berbagai macam kondisi. Mulai dari anak kos bahkan buat kamu yang kehilangan pekerjaan karena PHK, bisa menerapkan konsep frugal living. Sebagaimana yang dilakukan oleh seorang pria yang mengunggah videonya di akun TikTok @toops33.

Menghadapi kondisi sulit menjadi pengangguran usai tujuh bulan terkena lay off atau dikenal dengan sebutan PHK, pria ini pun menerapkan gaya hemat frugal living untuk membantu menghemat pengeluaran untuk makan. Ada tiga goals utama di frugal living yang ia terapkan, di antaranya adalah Puasa, Hemat, Diet.

frugal living phk 200 ribu seminggu © TikTok

foto: TikTok/@toops33

"Frugal Living jalur pengangguran #frugalliving #pengangguran #puasahematdiet #JKP," tulisnya dalam keterangan, Jumat (28/7).

Puasa yang dimaksudkan yakni menerapkan program intermittent fasting, pengaturan pola makan dengan cara berpuasa. Berbeda dari puasa yang selama ini dilakukan oleh kaum muslim, jangka waktu puasa dalam program intermittent fasting adalah 12 sampai dengan 24 jam.

Mengambil pepatah 'sekali dayung tiga pulau terlampaui', ia menerapkan program intermittent fasting selain untuk mengurangi pengeluaran juga agar memiliki tubuh yang fit. Mengingat, pria ini mengungkapkan punya badan yang gemuk. Sehingga, ia bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Selanjutnya, ia pun menerapkan diet clean eating. Diet ini tak melulu tentang mengurangi berat badan, tetapi lebih menjadikan gaya hidup sehat dengan mengutamakan kualitas nutrisi dan makanan alami. Jadi, kini makanan yang ia konsumsi jauh lebih bergizi.

"Gua nggak mau asal murah murah terus makanan jadi nggak sehat," tambahnya.