Sebagai informasi, pemasukan yang ia gunakan bersumber dari bantuan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dari pemerintah. Ia pun memanfaatkan dana yang didapatnya sebesar Rp 1.250.000 untuk satu bulan. Uang tersebut digunakannya hanya untuk makan sehari-hari, di luar biaya listrik dan internet.

Selama satu minggu, ia pun membeli beragam kebutuhan untuk asupan makannya. Mulai dari ayam, telur, sayuran, hingga bahan untuk membuat agar-agar sebagai makanan penutup. Semua kebutuhan makan tersebut sudah ia sesuaikan untuk pemenuhan gizinya selama menjalani program Puasa, Hemat, Diet. Tentu, ia membeli tidak dalam porsi yang besar.

frugal living phk 200 ribu seminggu © TikTok

foto: TikTok/@toops33

Disebutkan, pria ini hanya membeli secukupnya. Misalnya saja, untuk telur ia hanya membeli 1/2 kg saja. Sementara untuk bumbu, seperti bawang merah, ia hanya membeli Rp 5 ribu. Sedangkan untuk sayur-sayuran, ia mengeluarkan bujet sebesar Rp 10 ribu untuk membeli sawi dan Rp 5 ribu untuk membeli tomat.

Meskipun menerapkan frugal living, ia pun masih bisa mengkonsumsi jajanan enak. Di beberapa kesempatan, ia kadang membeli sate padang senilai Rp 25 ribu. Ia pun juga membeli air minum galon sebanyak 4 kali dengan harga Rp 80 ribu. Jika dikalkulasikan, selama sebulan ia hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 200.500 ribu.

frugal living phk 200 ribu seminggu © TikTok

foto: TikTok/@toops33

Sisanya, ia gunakan untuk di minggu-minggu berikutnya. Ia pun cukup rajin mengunggah video untuk menunjukkan pengeluaran makan selama sebulan. Di minggu ketiga ini, ia memiliki sisa uang sebesar Rp 403.500. Ia pun terus berusaha untuk menekan biaya makan agar bisa cukup untuk sebulan.

frugal living phk 200 ribu seminggu © TikTok

foto: TikTok/@toops33

Video yang diunggah pada Selasa (11/7) langsung menuai perhatian dari warganet. Beragam respons ditinggalkan lewat kolom komentar. Tak sedikit yang memuji pria ini karena mampu menekan biaya makan tanpa mengesampingkan nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi.

"Goks! Jadi semangaatttt," tutur @toops33

"ini bagus banget sih, duit segitu dan menunya gizi seimbang juga," kata @dyahagustinss

"tp beneran sehat lho menunya," sahut @embunpagi893

@toops33 Minggu ke 3 hidup dari JKP #frugalliving #puasahematdiet #pengangguran #JKP original sound - Topi-chan