Brilio.net - Hari ulang tahun adalah hari istimewa yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Saat ulang tahun, kita bersyukur karena Allah telah menambah umur kita. Tak jarang, saat ulang tahun kita juga diberi banyak kejutan dari orang-orang terdekat.

Saat ulang tahun, banyak doa dan harapan baru yang kita panjatkan kepada Allah SWT. Orang-orang terdekat kita juga turut serta memberi doa agar di umur kita yang semakin bertambah, hidup kita semakin bahagia dan dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Dalam Islam sendiri sudah diajarkan bagaimana mendoakan atau cara mengucapkan selamat ulang tahun secara islami yang baik kepada yang berulang tahun. Berikut brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Senin (11/5) doa yang bisa dipanjatkan saat ulang tahun beserta ucapannya secara islami.

Ucapan ulang tahun secara islami yang sering kita dengar adalah kalimat "Barakallah Fii Umrik" di mana dalam kalimat tersebut mengandung arti "Semoga Allah memberkahi umurmu".

Pengucapan ini sebagai rasa syukur atas bertambahnya usia yang merupakan berkah dan karunia dari Allah. Dengan ucapan "Barakallah Fii Umrik" semoga banyak keberkahan usia yang bertambah ini, bisa menjadi berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri ataupun bagi orang lain seperti sabda Rasulullah:

Khoyrunnaasyi 'anfauhum lil naas

Artinya:
"Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain."

Dari hadits tersebut dapat diambil kesimpulan, mengucapkan selamat ulang tahun yang mengandung arti baik juga termasuk amal perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain.

Jadi mengucapkan selamat ulang tahun islami dengan mengucapkan "Barakallah Fii Umrik" juga baik. Bukan hanya sekedar mengucapkan "Selamat Ulang Tahun" yang tidak mengandung arti apa-apa.

Adapun balasan saat kita mendapatkan ucapan "Barakallah Fii Umrik" adalah dengan mengucap "Wa Fiika Barakallah" jawaban kalau yang mengucapkan adalah laki-laki. Dan "Wa Fiiki Barakallah" jawaban kalau yang mengucapkan adalah perempuan. Keduanya memiliki arti "Semoga Allah juga memberkahimu".

Hukum memberikan ucapan ulang tahun dalam Islam

Hari ulang tahun merupakan hari bertambahnya umur seseorang. Hari tersebut akan menjadi hari yang paling spesial bagi setiap orang.

Sebagai seorang Muslim yang baik, menunjukkan kepedulian dan sikap membahagiakan orang merupakan tindakan yang dianjurkan dan tidak dilarang.

Selain ucapan selamat ulang tahun islami, juga saling memberi hadiah adalah tindakan yang baik. Hal ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah di dalam haditsnya, "Rasulullah biasa menerima hadiah dan biasa pula membalasnya." (HR. Bukhari, no. 2585).

Jadi dari hadits di atas memberikan hadiah pada saat ulang tahun atau mengucapkan selamat ulang tahun merupakan sesuatu yang baik.

Dan perbuatan ini sangat dianjurkan karena bisa mempererat hubungan persaudaraan antar sesama umat Muslim.

2 dari 2 halaman

Doa saat ulang tahun

Selain ucapan selamat ulang tahun dan kado yang kita berikan kepada orang yang sedang berulang tahun, sebaiknya kita juga membacakan doa untuk orang yang tengah bertambah usia saat itu. Adapun macam-macam doa yang bisa kita panjatkan yaitu sebagai berikut:

1. Doa memohon dipanjangkan umurnya.

Allahumma innaa nas aluka tuulil umur biithoo 'ati wahtim lanaa bil a'maalis sholihah

Artinya:
"Ya Allah, kami memohon kepada-Mupanjang umur, yang selalu digunakan untuk ketaatan dan akhirilah umur kami dengan melakukan perbuatan yang baik"

2. Doa memohon keberkahan.

Allahumma thouwil umuuronaa washohih ajsaa danaa wanawwir quluu banaa wasabbit iymaa nanaa wa'ah sin'a maalanaa wawasshih arzaqonaa waila khoiri qhorribnaa wa anissarri ibidnaa waaqndi hawaa ijanaa fiddiini waddunyaa wallaa hiroti innaka alakulli sai'in qodiir

Artinya:
"Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami"

"Dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu"

3. Doa memohon keselamatan.

Allahumma innaa nasaluka salaa matan fiddiini wa 'aafiyatan fiiljasadi waziyaa datan fililmi wabarokatan fiiriziqi wataubatan qoblal mauti warohmatan indal mauti wamaghfirotan ba'dal maut

Artinya:
"Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesegaran atau kesejahteraan pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati"

4. Doa memohon kemuliaan untuk keluarga.

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a'yuun waj 'alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya:
"Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa."

5. Doa memohon rezeki yang halal.

Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi'an thoyyiban min ghairi ta'abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka 'a-laa kulli syai-in qodiir.

Artinya:
"Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu."

6. Doa memohon anak menjadi sholeh.

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii'ud du'aa-i

Artinya:
"Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hamba-Mu)."

Itulah beberapa doa yang dapat dipanjatkan saat diri sendiri atau kerabat sedang ulang tahun dalam bahasa arab beserta terjemahan dan artinya. Saat perayaan sederhana bersama keluarga tercinta, bersama kerabat maupun sahabat dekat doa ini bisa kita amalkan agar umur yang semakin bertambah, semakin banyak pula keberkahan yang diberikan oleh Allah SWT.

(brl/tin)