Brilio.net - Narrative teks merupakan salah satu jenis teks berbahasa Inggris yang bertujuan untuk menceritakan rangkaian peristiwa secara kronologis atau beruntun di dalam sebuah cerita. Narrative teks umumnya bersifat imajinatif, alias tidak nyata atau berupa hasil imajinasi penulis.

Setiap orang dapat membuat cerita seperti narrative teks sendiri, hanya saja harus dapat pula menyelesaikannya dalam bentuk struktur yang saling terhubung. Cerita dongeng 'Kancil dan Buaya' merupakan salah satu contoh dari narrative teks, kalau kamu belum mengetahui.

Struktur narrative teks terdapat empat, yaitu orientation (pengenalan tokoh dan latar), complication (konflik dalam cerita), resolution (pemecahan masalah), dan reorientation (kesimpulan). Pada orientation atau pengenalan tokoh dan latar, layaknya cerita berbahasa Indonesia yang akan mengenalkan penokohan dari tokoh yang akan diceritakan. Kemudian complication atau konflik dalam cerita yang akan membumbui cerita agar semakin menarik minat pembaca jika terdapat masalahnya.

Lalu dilanjut dengan resolution atau pemecahan masalah yang akan menjadi solusi dari penyelesaian masalah yang ada. Dari resolution akan diketahui seperti apa ending yang diterima oleh cerita. Terakhir adalah reorientation atau kesimpulan. Sebenarnya struktur yang ini bisa dihilangkan atau tetap diadakan. Karena reorientation tidak terlalu dibutuhkan kecuali terdapat pesan moral pada cerita.

(brl/lin)