Brilio.net - Secara harfiah kata sastra sering diartikan sebagai huruf, tulisan, dan karangan. Sastra dibagi menjadi sastra tertulis dan sastra lisan atau sastra lisan. Dari sini, sastra tidak hanya berhubungan dengan tulisan, melainkan dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu.

Sastra juga dikenal sebagai ilmu yang mempelajari bahasa dan karya-karya sastra suatu daerah. Seperti halnya dalam dunia pendidikan perguruan tinggi sastra sebagai salah satu jurusan perkuliahan, seperti Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Arab, dan lainnya.

Sastra tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, karena sastra terdapat dalam dunia manusia yang tersirat dan tersurat. Sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinilan, keartistikan, imajinatif, memiliki keindahan sebagai peniruan, dan gambaran dari kenyataan atau mimesis.

Untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, ketahui pengertian, fungsi, dan jenisnya dari sastra, Selasa (17/5).

(brl/lea)