Brilio.net - Menurut Kamus Online Oxford, hedonisme adalah filsafat teori etika bahwa kesenangan adalah tujuan yang baik dan tertinggi di dalam kehidupan manusia. Hedonisme juga dianggap sebagai sebuah budaya yang meletakkan dimensi kepuasan materi sebagai suatu tujuan utama yang memicu dan memacu pemanfaatan alam dan atau melakukan aktivitas hidup yang jauh dari dimensi spiritual.

Terdapat pendapat lain yang menyebutkan bahwa seseorang yang menganut paham hedonisme adalah individu yang cenderung impulsif, menjadi pengikut, lebih irrasional, dan mudah dibujuk. Selain itu, penganut paham hedonisme juga cenderung akan membelanjakan uangnya dan menjadi konsumtif. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai paham hedonisme, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Jumat (15/7).

Pengertian hedonisme

pengertian hedonisme © berbagai sumber foto: unsplash.com

Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar 433 SM. Hedonisme merupakan suatu paham tentang kesenangan yang kemudian dikembangkan seorang filsuf Yunani bernama Epikuros. Hedonisme dianggap sebagai perilaku yang gemar berfoya-foya tanpa memerdulikan akibatnya. Hedonisme juga dilihat sebagai sebuah perilaku atau sikap hidup yang terlalu memuja kenikmatan dan kebahagiaan dari sisi materi saja. Hedonisme juga dapat diartikan sebagai pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Paham hedonisme kemudian berkembang di kalangan remaja karena dipengaruhi faktor lingkungan dengan meniru gaya hidup orang terkenal. Penganut paham hedonisme menjalani hidup dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu. Beberapa ahli juga turut memberikan definisi mengenai hedonisme yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Collins Gem, hedonisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup.

2. Takariani mendefinisikan hedonisme sebagai sebuah pandangan hidup yang berbicara mengenai kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama hidup.

3. Sudarsih berpendapat bahwa hedonisme merupakan gaya hidup enak dan foya-foya tanpa memerdulikan lagi akibat-akibatnya termasuk bencana pada masa depan.

4. Menurut Epicurus, hedonisme merupakan paham yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan yang paling utama di dalam hidup.

5. Menurut Burhanuddin, hedonisme adalah sesuatu yang dianggap baik sesuai dengan kesenangan yang didatangkannya.

Berdasarkan definisi menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa hedonisme adalah pandangan yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama dari hidup.

(brl/ola)