Brilio.net - Ramadan adalah bulan penuh berkah. Kebaikan kecil yang dilakukan di bulan ini akan menjadi manfaat besar bagi sesama dan tentunya lingkungan sekitar. Dengan menahan hawa nafsu dan berbuat baik, ibu pertiwi bisa tersenyum selama bulan suci ini. 

Seperti diketahui, isu perubahan iklim sudah sering digaungkan. Banyak sekali bencana di daerah terjadi karena perubahan cuaca yang tak menentu. Selain kerugian material, tak jarang bencana juga menimbulkan korban jiwa. Harus ada tindakan nyata sebelum semuanya terlambat.

Momen Ramadan ini jadi kesempatan berlomba-lomba meraih kebaikan demi ibu pertiwi. Tak perlu modal ataupun usaha keras, ternyata ada hal-hal kecil berdampak besar yang bisa dilakukan anak muda. 

Pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit” benar adanya dalam kebaikan merawat lingkungan selama Ramadan kali ini. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 6 aksi kecil jaga lingkungan ini bikin ramadan jadi makin berkah, Jumat (7/5).

1. Mengurangi implusive shopping.

GarnierGreenBeauty istimewafoto: Shutterstock.com

Kamu pernah pergi ke mall tanpa tujuan jelas atau malah tanpa rencana membeli sesuatu, namun berakhir dengan membeli banyak barang? Kebiasaan belanja tanpa perencanaan alias implusive shopping ini cenderung seringkali dilakukan kaum wanita. Meski merupakan perilaku yang sangat umum terjadi, namun jika diabaikan kamu bisa memiliki sifat konsumtif dan boros loh.       

Agar itu tidak terjadi, kamu bisa menerapkan konsep mindful shopping, yakni hanya membeli barang saat benar-benar dibutuhkan. Kamu bisa lebih aware memikirkan dengan baik setiap keputusan termasuk berbelanja. Alangkah baiknya jika memungkinkan belilah barang berkualitas tinggi sehingga tahan lama. Sehingga kamu bisa mengurangi pembelian barang-barang yang serupa, Jadi, jangan sampai belanja hanya karena keinginan belaka ya.

2. Gunakan kembali pakaian bekas.

GarnierGreenBeauty istimewafoto: Shutterstock.com

Tren fashion bergerak begitu cepat. Setiap saat pasti ada saja item fashion terbaru diluncurkan oleh brand ternama. Sekalinya tergoda, pasti akan sulit untuk lepas. Tak disadari, baju demi baju akan menumpuk di lemari dan tak pernah lagi digunakan.

Sering dianggap remeh, rupanya hal tersebut menjadi salah satu penyumbang limbah sampah berbahaya bagi lingkungan. Padahal kamu masih bisa loh menggunakan baju-baju bekasmu yang masih layak tersebut agar terlihat berbeda.

Cukup di mix and match baju agar tetap tampil menarik. Tidak hanya memungkinkan untuk tetap tampil gaya, menggunakan barang-barang bekas juga dapat menyimpan uang hasil kerja keras untuk sesuatu yang lebih bermakna.

3. Donasi sampah sekaligus bersedekah.

GarnierGreenBeauty istimewafoto: istimewa

Pada bulan puasa ini kamu juga bisa donasi sampah sekaligus bersedekah lewat Garnier Green Beauty #OneGreenStep. Garnier siap membantu kamu berdonasi dengan mengubah sampahmu menjadi berkah Ramadan.

Bersama dengan @eRecycle_ID, kamu bisa mendaur ulang sampahmu sekaligus bersedekah loh! Setiap transaksi daur ulang yang kamu lakukan, kamu otomatis akan berdonasi ke XSProject dan Garnier akan menggandakan donasi kamu dua kali lipat. Kamu juga bisa membeli produk Garnier melalui Tokopedia, di mana untuk setiap pembelian, Garnier akan mendonasikan Rp 1.000 ke XSProject, organisasi yang didedikasikan untuk memberikan pendidikan formal kepada anak pemulung di Jakarta.

Yuk bersama ambil #OneGreenStep untuk kebaikan bulan ini! Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

4. Menghemat air saat berwudhu.

GarnierGreenBeauty istimewafoto: Shutterstock.com

Air merupakan sumber daya vital untuk kehidupan manusia. Olehnya, konservasi dan penghematan air penting dilakukan terutama dalam keseharian selama Ramadan. Nah, cara paling mudah yang bisa kamu terapkan adalah menghemat air saat berwudhu. Cukup basahi seperlunya area tubuh yang wajib bersih selama ritual menyucikan diri ini. Tak lupa untuk selalu mematikan keran air usai berwudhu ya.

5. Menghabiskan makanan saat buka puasa.

GarnierGreenBeauty istimewafoto: Shutterstock.com

Buka puasa jadi momen yang dinanti-nantikan banyak orang di bulan Ramadan. Seakan semua jenis makanan dan minuman ingin dilahap karena seharian menahan lapar. Nggak ada salahnya ingin menikmati segala kudapan yang dihidangkan, namun biasakanlah menghabiskan makanan yang telah dihidangkan.

Sebab menyia-nyiakan makanan merupakan hal buruk untuk lingkungan. Kebiasaan menghabiskan makanan saat buka puasa ini akan jadi kebaikan kecil berdampak besar bagi lingkungan. Makan secukupnya dan jangan membeli makanan yang nantinya tak akan habis.

6. Membersikan lingkungan secara rutin.

GarnierGreenBeauty istimewafoto: Shutterstock.com

Nah, hal kecil lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan membersihkan secara rutin lingkungan di sekitar tempat tinggalmu. Seperti halnya memungut sampah di lingkungan sekitar. Sampah yang terbuang sembarangan bisa menyumbat jalur air seperti selokan. Jika tak diurus, saat terjadi hujan deras banjir bisa mengintai lingkunganmu. 

Usai memungut sampah, simpan sampai bertemu dengan tempat sampah. Pastikan juga untuk memisah sampah berdasarkan jenisnya misalnya sampah plastik dan sampah organik. Aksi kecil ini jika jadi kebiasaan manfaatnya akan luar biasa terhadap lingkungan.