Brilio.net - Keputusan Pemprov DKI menata kawasan Pasar Tanah Abang menuai pro dan kontra dari beberapa kalangan. Salah satunya perihal keberadaan Pedagang Kali Lima (PKL) yang memenuhi trotoar Jl Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kebijakan tersebut mendapat pertentangan dari beberapa pihak, sebagian beranggapan bahwa kebijakan tersebut hanya akan meningkatkan tingkat kemacetan di kawasan Tanah Abang. Terlepas dari pro dan kontra tentang penataan PKL Tanah Abang, Indonesia sepertinya perlu belajar dari 5 negara ini yang memiliki kawasan PKL dengan predikat ternyaman dunia.

Nggak hanya nyaman untuk pada pedagangnya saja, kawasan PKL ini juga ditata sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pengguna jalan raya dan pejalan kaki.

Seperti apa kawasan PKL ternyaman di dunia dari 5 negara tersebut? Dilansir brilio.net dari CNN Travel, Sabtu (30/12). Ini 5 potret kawasan PKL ternyaman di dunia.

1. La Boqueria - Barcelona, Spanyol.

Loading...

kawasan PKL di dunia  © 2017 brilio.net

Berawal dari abad ke-13 sebagai pasar babi, kini La Boqueria menjelma menjadi salah satu kawasan PKL terbaik di dunia. Dalam pasar ini kamu bisa menemukan berbagai macam pedagang yang menjual keju, ikan, minyak, daging ham Spanyol hingga tukang jagal.

Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi makan siang favorit, terdapat banyak restoran kecil yang menyediakan makanan laut dan makanan khas Mediterania populer.

2. Tsukiji Fish Market-Tokyo, Jepang.

kawasan PKL di dunia  © 2017 brilio.net

Untuk sebagian orang yang menjadikan Jepang sebagai destinasi liburan favorit pasti tidak asing dengan pasar ini. Pasar Tsukiji ini merupakan pasar ikan dan makanan laut grosir terbesar di dunia, menjual lebih dari 400 jenis makanan laut, rumput laut murah hingga jenis ikan seharga ratusan dolar.

Pasar ini berada di labirin jalan-jalan kecil yang dipenuhi toko ritel, meskipun berada di pinggir jalan kawasan pasar ini selalu dipenuhi wisatawan atau warga lokal yang ingin menikmati sashimi di pagi hari.

3. Or Tor Kor Market-Bangkok, Thailand.

kawasan PKL di dunia  © 2017 brilio.net

Or Tor Kor merupakan salah satu kawasan PKL yang menjadi favorit para wisatawan yang berlibur di Bangkok, Thailand. Pasar ini dipenuhi dengan para PKL yang menjual berbagai macam souvenir, sayuran eksotis unik yang di impor dari seluruh Asia.

Tak hanya itu Or Tor Kor Market juga terkenal dengan berbagai macam makanan laut, permen, berbagai macam pilihan pasta dan rempah-rempah kari, tak ketinggalan tempat makan yang menjual makanan khas Thailand pun tersedia. Yang menjadi nilai plus dari Or Tor Kor Market adalah kebersihan kawasan PKL yang terjaga nyaris tanpa noda.

4. Borough Market- London, Inggris.

kawasan PKL di dunia  © 2017 brilio.net

Inggris merupakan salah satu negara Eropa yang sering menjadi tujuan liburan para wisatawan. Negara Ratu Elizabeth tersebut memiliki sebuah kawasan pasar bernama Borough Market yang merupakan pasar buah dan sayuran tertua di London serta menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Pasar ini terletak di lingkungan Southwark, London berdiri sejak 1755, Borough Market mengkhususkan diri menjual buah-buahan lokal, keju buatan tangan dan roti tawar. Tempat ini juga menjadi pemasok untuk banyak restoran terbaik di London. Borough Market ini hanya di buka untuk umum setiap hari Kamis, Jumat dan Sabtu, kamu bisa belanja makanan sambil mencicipi berbagai makanan ringan di sini.

5. Kreta Ayer Wet Market-Singapura.

kawasan PKL di dunia  © 2017 brilio.net

Beralih ke negara tetangga Indonesia, Singapura. Negara yang terkenal dengan patung Merlion ini juga memiliki kawasan PKL bernama Kreta Ayer Wet Market yang wajib kamu kunjungi. Menjual berbagai sayuran segar dari berbagai negara di Asia, bahan-bahan eksotis seperti katak hidup dan kura-kura, obat herbal Cina serta berbagai macam tahu.

Kamu juga bisa menikmati berbagai macam jajanan dan makanan berat yang berada di lantai dua. Meskipun merupakan pasar basah, namun Kreta Ayer Wet Market memiliki standar kebersihan yang terjamin.