Brilio.net - Memiliki buah hati tentu menjadi kebahagiaan yang tak terkira bagi setiap pasangan yang telah menikah. Bukan tanpa alasan, sebab buah hati merupakan penghibur jiwa yang akan menambah kelengkapan keluarga. Nggak salah, jika momen kelahiran sang buah hati menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu setelah melewati masa kehamilan 9 bulan lamanya.

Kendati demikian, mendapatkan momongan bukanlah hal yang mudah. Tak jarang kasus kehamilan dengan berbagai penyebab harus dialami oleh para calon ibu. Seperti halnya yang dialami sejumlah selebriti. Mereka harus berjuang dengan kondisi kelainan letak plasenta atau biasa disebut placenta previa.

Kondisi ini merupakan masalah yang cukup serius. Placenta previa merupakan kondisi ketika ari-ari atau plasenta berada di bawah rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir bagi calon bayi. Pada kasus plasenta previa, posisi plasenta tidak bergerak dari bawah rahim hingga mendekati waktu persalinan. Sehingga, kondisi ini juga dapat menyebabkan pendarahan hebat, baik sebelum maupun saat persalinan tiba. Beberapa selebriti di bawah ini pun harus melakukan istirahat total.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber perjuangan seleb idap placenta previa saat hamil, Senin (14/9).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Alice Norin.

seleb idap placenta previa saat hamil © 2020 Instagram

foto: Instagram/@alicenorin

Keluarga Alice Norin tengah berbahagia dengan kehadiran putri bungsunya yang bernama Alana Naira Lawi pada Rabu (9/9) lalu. Saat mengabarkan momen bahagia tersebut, Alice menyebut jika proses persalinannya berjalan lancar.

Namun, siapa yang menyangka jika proses panjang dan sulit selama kehamilan harus dilalui ibu dua anak ini. Rupanya, Alice didiagnosa menghidap kelainan placenta di awal kehamilannya. Kondisi ini membuat wanita berusia 33 tahun harus bolak-balik berkonsultasi ke dokter ahli untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi.

Kondisi yang sering disebut dengan placenta previa ini ternyata membuat Alive harus mengalami pendarahan berlebih kala melahirkan. Bahkan setelah proses melahirkan, ia harus bersabar untuk bisa bertemu dengan sang buah hati. Pasalnya, Alice harus dilarikan ke ICU karena kehilangan darah cukup banyak.

"Dokter wanti-wanti sejak awal kalau saat lahiran mempersiapkan diri karena kemungkinan akan banyak terjadi pendarahan. Dan benar saja, aku kehilangan darah sampai 3 liter selama proses lahiran. Setelah lahiran pun, aku belum bisa langsung ketemu baby ANL #2 karena harus masuk ICU 2 hari gara-gara kehilangan banyak darah," terang Alice Norin dilansir dari Kapanlagi.com.

2. Kamidia Radisti.

seleb idap placenta previa saat hamil © 2020 Instagram

foto: Instagram/@kamidiaradisti

Presenter yang juga mantan Miss Indonesia 2007, Kamidia Radisti ini juga harus mengalami kondisi yang serupa. Hal tersebut membuat Kamidia harus melakukan banyak istirahat. Ia pun harus mengurangi jadwal aktivitasnya di dunia hiburan dan mengurangi olahraga. Selain itu, pada kehamilan ketiganya ini Kamidia tak bisa bepergian dengan menyetir mobil sendiri.

"Jalan aja dibatesin. Senam hamil aja nggak boleh. Kerjaan saya ambil juga cuma yang sehari sekali. Yang ketiga ini lebih ngos-ngosan. Apalagi masih ada dua yang aktif banget," ucap Kamidia dilansir dari Kapanlagi.com.

Kendati demikian, wanita berambut panjang ini mengaku tak mau menganggap kondisi yang dialami sebagai masalah yang serius. Ia selalu berharap jika persalinannya dapat berjalan dengan lancar dan nyatanya kondisi tersebut dapat diatasi. Dan pada 2015 lalu, Kamidia Radisti melahirkan buah hati ketiganya yang diberi nama Kaira Fidilla Kanakita secara selamat dan sehat.

3. Istri Rifky Balweel.

seleb idap placenta previa saat hamil © 2020 Instagram

foto: Instagram/@rifkybalweel

Istri dari aktor Rifky Balweeel juga mengalami placenta previa saat kehamilan buah hati pertamanya. Kondisi tersebut membuat sang istri, Biby Alraen sering mengalami flek terutama saat banyak beraktivitas. Hal ini pun sempat membuatnya panik dan berpikir aneh-aneh.

"Aku harus ekstra jaga banget nih dikehamilan pertama ku yang super buat deg”an karna sebulan belakangan ini suka flek setiap banyak aktifitas. Panik lemes mikir aneh” semua campur aduk, gak bisa bgt kecapean sedikitpun," ungkapnya dilansir dari Instagram @bibyalraen13.

Setelah memutuskan untuk cek kandungan di dokter, ia baru memahami jika mengalami kondisi plasenta yang berada di bawah rahim atau disebut dengan placenta previa. Sebagai ibu hamil yang mengalami placenta pervia, Biby pun berpesan kepada para ibu yang sedang hamil dan mengalami hal serupa untuk selalu memantau kehamilan dan letak placenta.

"Penting nih buat ibu ibu yang lagi hamil buat cek dan pantau trus keadaan dan letak placenta karna kalo dibawah bgt kaya aku, jd gampang flek bahkan sampe pendarahan kaya mens dan harus ekstra jaga dan gak blh terlalu banyak aktifitas.," pungkasnya.

4. Shireen Sungkar.

seleb idap placenta previa saat hamil © 2020 Instagram

foto: Instagram/@shireensungkar

Kondisi placenta previa juga dialami oleh artis cantik Shireen Sungkar. Di kehamilan pertamanya dulu, membuat putri dari Fanny Bauty ini harus menjalani istirahat total. Menurut Fanny, kondisi serupa juga pernah dialami oleh adiknya sendiri.

"Obatnya bedrest. Kalau bergerak plasentanya keluar. Jadi Banyak kok kejadian kayak gini, memang sudah umum. Perjuangannya harus tiduran terus. Adik saya juga begitu. Ini kemungkinan tidak sampai 9 bulan pendarahannya terjadi, nanti bisa jadi plasentanya mutar," jelas Fanny dilansir dari Kapanlagi.com

Tidak ada pantangan asupan makanan yang harus dijalani oleh Shireen. Sebagai ibu, Fanny pun selalu menyemangati buah hatinya. Ia mengungkapkan jika saat hamil seseorang harus selalu bahagia. Sebab, placenta previa bukan saja hanya dialami oleh Shireeen, tetapi banyak juga para ibu yang tengah hamil.

"Pantangan nggak ada, bedrest saja. Yang kedua harus happy. Kelainan ini bukan Shireen saja, tapi banyak juga dialami ibu-ibu lain," tukasnya.

5. Ummi Nazeera.

seleb idap placenta previa saat hamil © 2020 Instagram

foto: Instagram/@umminazeera

Ummi Nazeeera, seleb Malaysia yang dikenal lewat aktingnya di sinetron Nur Kasih juga mengalami kondisi placenta plevia. Kondisi ini dialami kala usia kandungannya memasuki 34 minggu. Lewat Instagram pribadinya, ia mengungkapkan jika mengalami placenta previa type 2 di mana Ummi harus mengalami pendarahan saat masa kehamilan.

"Mummy mengalami placenta previa type 2. Saya mula mengalami pendarahan sebaik saja lepas Aidilfitri. Bila keadaan ini berlaku, saya menangis dan menyangka saya akan kehilangannya. Alhamdulillah..semua berjalan lancar," ungkapnya.

Kondisi tersebut membuatnya harus beristirahat total. Pendarahan yang dialami oleh Ummi pun mengharuskannya untuk menjalani persalinan secara caesar. Meski begitu, ia merasa bersyukur karena dirinya dan buah hati yang dikandungnya dapat lahir selamat dan sehat.

"Alhamdullillah pembedahan dipermudah. Tiada sebarang kompilkasi. Syukur Ya Allah. Masa masuk bilik pembedahan, muka daddy masam sangat. Masa mummy keluar bilik pembedahan, muka daddy senyum. The minute I saw u I was so happy. You're perfect, alhamdulillah," tulisnya lebih jelas.

6. Torri Spelling.

seleb idap placenta previa saat hamil © 2020 Instagram

foto: Instagram/@torispelling

Aktris Amerika Serikat, Torri Spelling hampir kehilangan nyawanya karena berjuang untuk putranya yang belum lahir. Di usia kehamilannya yang ke 24 minggu, dokter mendiagnosis bahwa Torri harus mengalami kondisi placenta previa. Dilansir dari dailymail, kondisi tersebut membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan selama 10 minggu lamanya.

Selama perawatan, Torri harus beristirahat total. Kendati ia sudah ingin menyerah, namun Torri berhasil melewatinya. Kondisi yang dialami pun dapat diatasi oleh sang dokter. Buah hati yang dikandungnya pun berhasil lahir dengan selamat.

"Dokter mengatakan bahwa mengingat semua yang terjadi terakhir kali, ini adalah bayi ajaib bahwa Tori hamil dan tidak apa-apa," ungkapnya.

(brl/lin)