Brilio.net - Penikmat musik Korea tentunya tidak asing lagi dengan boyband. Agensinya pun sengaja membuat komunitas bagi para fans, fandom. Fans setia tentu maunya member yang diidolakan tetap utuh sampai akhir. Tapi ternyata ada beberapa member boyband yang terpaksa harus keluar dari grup.

Bagi para fans setia, apabila ada member yang keluar pasti berasa banget kurangnya. Bahkan kadang para fans masih selalu setia dengan jumlah member lama alias ga bisa move on.

Misalnya aja ada member yang vakum dari grupnya karena wajib militer, rasanya sangat takut kalau member tersebut tidak kembali lagi ke formasi. Tapi biasanya fans tetap selalu mendukung dan menunggu kembalinya mereka dengan penuh doa.

Nah, berikut ini tujuh boyband Korea yang pernah ditinggalkan beberapa membernya, dikutip dari berbagai sumber, Rabu (3/10). Pernah bikin hati fans deg-degan tapi masih bisa eksis dan tetap bisa berkarya hingga sekarang.

1. TVXQ

Loading...

boyband kpop Istimewa

foto: wikipedia.org

Dulunya boyband ini terdiri dari lima member. Boyband ini sempat membuat Cassiopeia, sebutan fans TVXQ, bersedih hati karena tiga membernya keluar bersamaan pada 2009. Lebih sedihnya lagi, tiga member yang keluar membuat boyband baru sendiri (JYJ). Meskipun hanya tinggal dua member, ternyata TVXQ sampai sekarang masih aktif bahkan 2018 ini mereka mengeluarkan album baru 'TOMORROW'.

2. Infinite.

boyband kpop Istimewa

foto: Instagram.com/@official_ifnt_

Boyband yang beranggotakan tujuh orang ini debut sejak 2010. Boyband ini juga sangat disayangkan Inspirit, fansbase Infinite, karena salah satu mmember tidak memperpanjang kontrak dan memilih bersolo karier. Enam member lainnya tetap aktif hingga sekarang dan mengeluarkan album baru 'Top Seed' pada tahun ini.

3. SHINee.

boyband kpop Istimewa

foto: now.smtown.com

Di tengah-tengah puncak kesuksesan, boyband yang beranggotakan lima member ini harus berduka karena salah satu membernya meninggal dunia pada 2017. Shawol, fans SHINee terus mendukung mereka agar segera bangkit kembali. Terbukti tahun ini Shinee kembali merilis album baru 'The Story of Light' Epilogue.

4. EXO.

boyband kpop Istimewa

foto: Instagram/@weareone.exo

Boyband yang debut 2012 ini awalnya beranggotakan 12 member yang terbagi dalam dua subgrup. Boyband ini juga harus kehilangan tiga member, tentunya membuat EXO-L, sebutan bagi fans EXO, sedih. Tahun ini mereka kembali merilis album baru 'Countdown'.

5. Super Junior (Suju).

boyband kpop Istimewa

foto: Instagram.com/@superjunior

Awal debut boyband ini beranggotakan 13 member. Sempat dijuluki memiliki member terbanyak di kalangan boyband, mereka ternyata harus kehilangan dua membernya karena vakum dan hengkang. ELF, fans Suju, terus optimis menunggu karya terbaru mereka. Meskipun tahun ini mereka tidak mengeluarkan album baru dan ada beberapa member yang sedang fakum dan wamil, mereka masih terbukti eksis di dunia perindustrian dan sempat tampil di penutupan laga Asean Games 2018.

6. Winner.

boyband kpop Istimewa

foto: wikipedia.org

Beranggotakan lima member pada awalnya, Inner Circle -fans Winner- harus merelakan hengkanya salah satu member. Meskipun begitu mereka masih terus eksis hingga sekarang dan mengeluarkan album baru tahun ini, 'Everyday'.

7. Teentop.

boyband kpop Istimewa

foto: wikimedia.org

Awalnya boyband ini memiliki enam member, satu member harus keluar tidak ingin memperpanjang kontraknya. Angels -fans Teentop- tetap mendukung lima member boyband ini terus berkarya, tahun ini mereka merilis sigle baru, 'Seoul Night'.