Brilio.net - Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang memiliki keunikan tersendiri. Secara verbal penggunaan bahasa Indonesia terbilang mudah namun jika ditelusuri lebih jauh, ternyata banyak penggunaan kalimat bahasa Indonesia secara tertulis yang belum banyak kita pahami. Dalam struktur kalimat bahasa Indonesia terdapat banyak jenis kata dasar dan bentuk imbuhan. Kata imbuhan ini disebut afiksasi, pemberian kata dasar dalam suatu kalimat bahasa Indonesia disebut proses afiksasi. Proses afiksasi ini berperan penting dalam pengayaan kosa kata bahasa Indonesia.

Supaya lebih mudah memahami contoh kata afiksasi ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada, Kamis (16/3).

Pengertian afiksasi

Afiksasi atau affixation adalah proses penambahan awalan (prefix), akhiran (suffix), atau kedua-duanya (infix) pada sebuah kata untuk membentuk kata baru dengan makna yang berbeda. Afiksasi adalah salah satu cara untuk membentuk kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa lain di dunia.

Awalan dan akhiran yang ditambahkan pada sebuah kata dapat mengubah makna, bentuk, atau kelas kata tersebut. Contohnya, penambahan awalan "ber-" pada kata "jalan" akan membentuk kata "berjalan" yang berarti "melakukan aktivitas berjalan".

contoh kata afiksasi © 2023 brilio.net

foto: Pexels.com

Sementara itu, penambahan akhiran "-kan" pada kata "makan" akan membentuk kata "makanan" yang berarti "jenis benda yang dapat dimakan". Dalam bahasa Indonesia, terdapat aturan tertentu dalam penggunaan awalan dan akhiran, sehingga penting untuk mempelajarinya agar dapat menggunakan afiksasi dengan benar dan tepat.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) afiksasi merupakan proses menambahkan prefiks. Secara sederhana afiksasi merupakan penggabungan kata dengan afiks yakni bentuk kata terikat yang ditambahkan pada kata dasar. Misalnya kata dasar "makan" ditambahkan afiks "-an" menjadi 'makanan'. Pada dasarnya bentuk kata yang telah ditambahkan afiks bisa merubah bentuk kata tersebut.

Sedangkan menurut para ahli pengertian afiksasi sebagai berikut:

Menurut Richard afiksasi merupakan pengimbuhan yaitu proses pembentukan kata dengan membubuhkan afiks (imbuhan) pada bentuk dasar kata. Menurut Ramlan, afiksasi adalah proses pembubuhan afiks. Sedang menurut Samsuri afiksasi merupakan proses penggabungan akar kata atau pokok dengan afiks. Berdasarkan pengertian para ahli tersebut dapat dipahami bahwa afiksasi adalah suatu kata dasar yang ditambahkan dengan afiks (imbuhan) baik pada awal kata maupun pada akhir kata.