Brilio.net - Sejumlah kepala daerah perempuan dengan paras ayu menghiasi pemerintahan di Tanah Air. Tetapi, mereka tak hanya bermodal paras lho. Sejumlah prestasi juga sukses diukir.

Berikut brilio.net, pilihkan tujuh kepala daerah cantik yang juga menorehkan prestasi, baik di daerah maupun di level nasional.

1. Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan.

7 Bupati © macam-macam sumber

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: merdeka.com

Nama Airin menjadi sorotan ketika suaminya Tubagus Chaeri Wardana terjerat kasus korupsi. Dia disorot lantaran jabatannya sebagai Wali Kota Tangerang Selatan.

Tapi itu tak memudarkan kebintangan dan kemampuannya dalam memimpin Tangsel. Sejumlah penghargaan menjadi bukti kepemimpinannya. Beberapa di antaranya Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017. Ini berkat terobosannya meluncurkan aplikasi Sistem Pelaporan dan Penugasan Tangerang Selatan yang disebut “Siaran Tangsel”. Aplikasi pengaduan resmi secara online ini mampu mengakomodasi berbagai keluhan masyarakat mulai dari masalah banjir, pedagang kaki lima, hingga jalan rusak. Aplikasi berbasis Android bahkan sudah tersedia di Google Play Store.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga mendapat penghargaan Kategori Terbaik Pertama Indeks Kondisi Keuangan Daerah Regional Jawa. Penghargaan itu diberikan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Cellica Nurrachadiana, Bupati Karawang.

7 Bupati © macam-macam sumber

foto: dr-cellicanurrachadiana.com

Latar belakang sebagai dokter membuat pemimpin daerah satu ini peduli dengan masalah-masalah kesehatan. Dan apa yang dilakukannya ternyata membuahkan hasil.

Cellica meraih penghargaan Manggala Karya Kencana karena dinilai sukses menjalankan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Sejahtera.

Penghargaan Manggala Karya Kencana diterima Cellica dalam acara puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2017 di Kota Bandar Lampung, Lampung.

Cellica juga menerima penghargaan Anugerah Perempuan Indonesia Ke-5 Tahun 2017 dengan Kategori "Perempuan Tangguh". Dan tentu sederet prestasi lain.

3. Christiany Eugenia Paruntu, Bupati Minahasa Selatan (Minsel).

7 Bupati © macam-macam sumber

foto: Istimewa

Selain dikenal fashionable, prestasi gubernur perempuan ini juga menonjol. Di antaranya sebagai pembina Karang Taruna tingkat nasional. Selain itu, di level provinsi, ia juga sempat memperoleh penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Provinsi Sulut tingkat kabupaten tahun 2017.

Bupati yang juga duduk sebagai bendahara umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ini juga diganjar penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Provinsi Sulut tingkat kabupaten tahun 2017.

Anugerah Pangripta Nusantara merupakan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dinilai memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Kabupaten Minsel sendiri berhasil menjadi terbaik se-Sulut dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

4. Karolin Margaret Natasa, Bupati Landak, Kalimantan Barat.

7 Bupati © macam-macam sumber

foto: Instagram/@dr_karolin

Karolin mengawali kariernya di politik sebagai anggota DPR RI. Dalam langkahnya ke Senayan pada 2009, sosok yang akrab disapa Karol ini meraih posisi ketiga anggota DPR RI yang memperoleh suara terbanyak se-Nusantara.

Sebagai bupati, prestasinya terbilang mengagumkan. Meski baru menjabat pada 2017, sosok kelahiran 2 Maret 1982 ini oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia ditetapkan sebagai Bupati terbaik se-Kalimantan 2017. Bupati Landak ke-3 itu mampu mengungguli 46 bupati se-Pulau Kalimantan.

5. Indah Putri Indriani, Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

7 Bupati © macam-macam sumber

foto: Instagram/@indahputri_idp

Penghargaan sebagai salah satu Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah bukti kinerja Indah.

Dalam bidang kesehatan, yang sepertinya menjadi fokus kerja Indah, ia juga diganjar penghargaan Dharma Karya Kencana. Penghargaan tersebut diberikan kepada bupati perempuan pertama di Sulsel atas sumbangsihnya di bidang keluarga berencana.

6. Asmin Laura Hafid, Bupati Nunukan, Kalimantan Utara.

7 Bupati © macam-macam sumber

foto: Dok. Infokom PUB

Sosok kelahiran 10 Agustus 1985 ini memang masih muda usia sebagai pemimpin daerah. Tetapi, urusan prestasi bisa dibilang keren.

Asmin baru adalah penerima penghargaan PR Indonesia Best Communicators 2017 kategori bupati.

Penghargaan ini diberikan kepada sejumlah penyelenggara negara yang dianggap memiliki passion komunikasi yang tinggi di tengah publik atau masyarakat yang dia pimpin. Namanya sejajar dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, yang juga menerima penghargaan ini.

7. Chusnunia Chalim, Bupati Lampung Timur.

7 Bupati © macam-macam sumber

foto: istimewa.

Chusnunia dianggap oleh masyarakat sebagai perempuan terinspiratif di Lampung. Penghargaan ini ia dapatkan dari survei Rakata Institut. Itu menunjukkan bahwa kinerjanya diakui masyarakat.

Di bidang perencanaan, Chusnunia Chalim juga menerima penghargaan terbaik ketiga perencanaan pembangunan daerah dari Pemprov Lampung.

Nah, di atas itu adalah prestasi-prestasi para kepala daerah perempuan Indonesia yang juga dianugerahi paras cantik. Cantik dan berprestasi tentu akan membuat daerah yang dipimpinnya makin maju dan bergairah.

Kamu juga bisa meniru jejak mereka ya? Yang ganteng, yang cantik, silakan tunjukkan prestasimu agar memberi kemajuan bagi bangsa. Jangan niru yang korup-korupnya ya....

(brl/swh)