Brilio.net - Semakin hari semakin banyak artis Tanah Air yang terjun ke dunia politik. Ada yang mencalonkan diri jadi kepala daerah hingga menjadi calon legislatif. Kepopuleran mereka di dunia hiburan seolah dimanfaatkan untuk mendulang suara. Ya meski tak semua artis lantas jadi pemenang, setidaknya mereka sudah meramaikan panggung politik dan berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat.

Lantas siapa saja artis Indonesia yang terjun ke dunia politik? Berikut 5 artis yang terjun ke politik dengan mendaftarkan diri jadi kepala daerah, seperti brilio.net kutip dari berbagai sumber, Kamis (27/7). Ada yang menang, kalah dan ada yang baru mendaftarkan diri!

1. Zumi Zola.

artis jadi kepala daerah © 2017 istimewa

foto: istimewa

Loading...

Aktor yang kerap membintangi beberapa film dan sinetron Indonesia ini telah lama meninggalkan dunia hiburan. Zumi Zola memulai karier politiknya dengan menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011-2106. Pada Pilkada Serentak 2015, Zumi Zola terpilih menjadi gubernur Jambi untuk periode 2016-2021. Zumi yang berpasangan dengan Fachrori Umar mendapatkan perolehan suara 58,73 persen dalam hitungan cepat.

2. Ahmad Dhani.

artis jadi kepala daerah © 2017 istimewa

foto: istimewa

Dhani Ahmad Prasetyo atau lebih dikenal dengan Ahmad Dhani mulai tampak di dunia politik sejak Pilpres 2014 lalu dengan mendukung Calon Presiden, Prabowo Subianto. Setelah itu, pada Pilkada Bekasi 2017, mantan suami Maia Estianty ini pun terdaftar sebagai calon Wakil Bupati mendampingi Sa'duddin. Namun sayang, Ahmad Dhani dan pasangan belum beruntung karena kalah dari rivalnya, Neneng Hasanah Yasin-Eka Supria Atmaja.

3. Vicky Prasetyo.

artis jadi kepala daerah © 2017 istimewa

foto: instagram.com/@vickyprasetyo777

Baru-baru ini, mantan tunangan Zaskia Gotik, Vicky Prasetyo mencalonkan diri menjadi kepala daerah Kota Bekasi melalui Partai Amanat Nasional. Vicky Prasetiyo maju menjadi calon Walikota Bekasi pada Pilkada 2018 mendatang. Sosok yang dikenal dengan istilah 'kontroversi hati' ini mengumumkan kemantapannya melalui akun Instagram pribadinya.

4. Adly Fairuz.

artis jadi kepala daerah © 2017 istimewa

foto: instagram/@Mufidaomarnafdi

Lama tak muncul di layar televisi, pemain sinetron ini dikabarkan maju sebagai bakal calon kepala daerah pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat periode 2018-2023. Dalam sebuah wawancara, cowok 29 tahun ini mengaku berminat menjadi calon wakil bupati. Untuk pasangannya siapa, mantan kekasih Shireen Sungkar ini masih membuka tawaran.

5. Hengky Kurniawan.

artis jadi kepala daerah © 2017 istimewa

foto: instagram.com/hengkykurniawan

Sama halnya dengan Adly Fairuz, kini giliran Hengky Kurniawan yang mengajukan diri untuk mengikuti Pilkada Kabupaten Bandung Barat. Suami dari Sonya Fatmala itu mendaftar sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Bandung Barat periode 2018-2023 melalui Partai Demokrat. Aktor yang juga berprofesi sebagai pengusaha dan produser ini mengaku ingin hidupnya menjadi lebih bermanfaat dengan cara menjadi seorang kepala daerah.