Brilio.net - Hasil perhitungan resmi Pilkada DKI versi Komisi Pemilihan Umum Daerah Jakarta baru akan dirilis pada 29 April mendatang. Namun riuh kegembiraan telah terjadi di Kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Rabu (19/4). Ketua Umum Partai Gerindra ini menyampaikan pidato kemenangan di hadapan pasangan Anies-Sandiaga beserta tim pemenangan.

"Sembilan puluh persen dari quick count sudah masuk, menunjukkan Jakarta punya gubernur baru," tuturnya.

Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh partai yang turut memenangkan Pasangan noor urut tiga itu. Dia menyebut Abu Rizal Bakrie, Hary Tanoesoedibjo, Amien Rais, Mardani Ali Sera dan lain-lain.

"Ini kemenangan warga Jakarta, kemenangan demokrasi. Dan ini tidak lepas dari dukungan tokoh-tokoh nasional," tambahnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Sementara, Anies Baswedan menyatakan kemenangan ini adalah awal untuk membangun Jakarta. Anies berkomitmen tak hanya menjaga kebhinekaan, tapi juga mengupayakan persatuan di Jakarta.

"Bagi kami perjalanan masih panjang. Ikhtiar kami bukan sekadar memenangkan pilkada. Ikhtiar yang sesungguhnya adalah menghadirkan keadilan kepada warga Jakarta," kata Anies.

Sandiaga juga menambahkan jika mereka bakal mengajak Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat untuk bekerja sama. Persatuan bakal diprioritaskan untuk membangun Jakarta.

"Hal pertama yang akan dilakukan adalah berkomunikasi dengan Pak Basuki dan Pak Djarot. Kami semua bersahabat. Jakarta bersatu. Kami lupakan bulan-bulan yang lalu, kami tata Jakarta lima tahun ke depan," tambah Sandiaga Uno.

(brl/fen)