Brilio.net - Bagi banyak orang, memilih untuk tak bekerja tetap di sebuah kantor atau lembaga lainnya berarti menikmati hidup dalam kebebasan. Pasalnya, para freelancer bebas mengatur jam kerja, mengatur beban kerja, bahkan mengatur gaji yang ingin mereka terima.

Meski demikian, karena tawaran pekerjaan untuk mereka tidak selalu datang setiap saat, penghasilan yang mereka terima pun tidak tetap. Selain itu, untuk freelancer suasana tempat kerja sangat mendukung mood-nya.

Nah, kamu juga termasuk pekerja freelance? Baru-baru ini sebuah platform online di Belanda merilis sembilan kota terbaik di dunia yang cocok untuk ditinggali orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap. Data ini dirilis berdasarkan 23 indikator, termasuk biaya hidup, kecepatan internet, pajak, dan kualitas hidup, dari 117 kota. Ini sembilan kota terbaik di dunia yang cocok ditinggali oleh orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap, seperti yang dilansir brilio.net dari Independent, Selasa (31/1)

1. Lisbon, Portugal.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: huffingtonpost.com

Biaya hidup yang murah dan akses internet yang cepat sudah pasti disukai oleh freelancer yang memang sangat mengandalkan jaringan internet dalam bekerja. Internet di Lisbon bahkan disebut-sebut sebagai yang tercepat di Eropa.

2. Miami, Amerika Serikat.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: vanityfair.com

Kota yang terletak di tepi pantai ini termasuk dalam jajaran kota dengan kualitas hidup terbaik. Miami juga menyajikan apa yang paling disukai oleh orang-orang, yakni internet dengan kecepatan super cepat yang mencapai 80 MB per detik.

3. Sevilla, Spanyol.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: telegraph.co.uk

Sevilla, salah satu kota terbesar di Spanyol ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang bekerja freelance. Biaya hidup di Seville tidak begitu tinggi. Kotanya yang berisi bangunan-bangunan tua juga asyik dijelajahi untuk mencari inspirasi.

4. Las Palmas, Gran Canaria.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: expedia.ca

Cuaca yang bagus, letak kota yang dekat dengan pantai, dan alam dijamin akan membuat kamu yang bekerja freelance betah tinggal di Las Palmas. Apalagi untuk freelancer yang berprofesi sebagai fotografer, desain grafis, atau juga penulis.

5. New Orleans, Amerika Serikat.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: drodd.com

Kota ini menempati urutan pertama dengan kualitas hidup tertinggi di Amerika. Meski tidak sesibuk New York, New Orleans juga banyak menyediakan tempat-tempat hiburan malam bagi penduduknya.

6. Bristol, Inggris.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: .uwe.ac.uk

Kota yang terletak di Inggris Barat ini tidak terlalu jauh dari London. Bristol terkenal sebagai kota yang aman dan mempunyai spot-spot asyik untuk bekerja. Biaya hidup di kota ini juga lebih murah daripada London.

7. Marseille, Prancis.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: lonelyplanet.com

Kota kecil Marseille di Prancis ini tak hanya menyediakan semua yang dibutuhkan untuk kehidupan sosial, tapi juga banyak menyediakan peluang pekerjaan untuk orang-orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap.

8. Bratislava, Slovakia.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: iglucruise.com

Bratislava disukai oleh orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap karena kota ini menarik pajak rendah dan biaya hidup di sana juga murah. Biaya hidup murah menjadi pertimbangan utama karena pendapatan mereka cenderung tidak tetap.

9. Vancouver, Kanada.

kota dunia freelance © 2017 brilio.net

foto: vancouvereconomic.com

Kota ini dipilih karena penduduk di sana mempunyai kualitas hidup yang baik. Selain itu Vancouver sangat terbuka kepada para pendatang dari bangsa mana saja.