Brilio.net - Menjadi suatu stereotip umum jika wanita dan berbelanja adalah dua hal yang identik dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Berbeda dengan pria, wanita memiliki kebiasaan berbelanja yang lebih intens dan sering, khususnya berkaitan dengan produk fashion. Oleh karena itu, tidak jarang kondisi keuangan wanita lebih berisiko berantakan dan lepas kontrol ketika berbelanja pakaian.

Tentunya, tidak sedikit wanita yang memahami akan hal tersebut dan berusaha untuk mencari solusi agar isi kantong tidak bocor setiap kali berbelanja produk fashion. Nah, jika kamu salah satunya, tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri berbelanja sandang dengan menyesuaikan jenis kepribadian yang dimiliki.

Lalu, bagaimana sebenarnya tips berbelanja produk fashion lebih hemat dengan menyesuaikan tipe kepribadian seseorang? Berikut penjelasannya telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/9).

1. Tipe kepribadian minimalis.

Ciri wanita dengan kepribadian ini ketika berbelanja pakaian adalah setia dengan merek tertentu, cenderung konsisten setiap berbelanja, dan gemar produk dengan warna netral. Salah satu masalah yang kerap dirasakan oleh wanita dengan kepribadian ini adalah pilihan baju yang monoton dan tak bervariasi, namun bisa menghemat pengeluaran. Solusinya, alihkan sebagian budget yang tersisa untuk membeli aksesoris agar lebih mudah memvariasikan style outfit harianmu.

2. Tipe pencetus tren kreatif.

Wanita dengan tipe pencetus tren kreatif mempunyai gaya berpakaian yang variatif dan terus berubah-ubah seiring waktu. Selain itu, mereka juga berani menggunakan outfit yang unik dengan gayanya sendiri dan tak ikut-ikutan dengan tren di pasaran.

Karena sifatnya tersebut, mereka sering kali membeli banyak produk fashion berbeda dan cenderung boros. Untuk menyiasatinya, usahakan berbelanja pakaian ketika ada diskon saja. Selain itu, jangan ragu untuk menggunakan pakaian lama agar hasrat berbelanja bisa dibendung dan tak membengkakkan pengeluaran.

3. Tipe wanita investor.

Selanjutnya ada tipe wanita investor yang umumnya lebih tertarik membeli barang berkualitas, bermerek, serta mahal dalam memenuhi kebutuhan fashionnya. Jika memiliki kepribadian ini, kamu akan mudah tergiur membeli barang eksklusif dari brand ternama dan cenderung boros.

Solusinya, pahami jika tidak ada salahnya membeli produk dengan harga lebih murah dan kualitas sekadar bagus agar lebih mampu menghemat pengeluaran. Selain itu, coba untuk menjual kembali barang yang sudah tak digunakan sebagai second hand agar memiliki budget untuk membeli produk baru.

4. Tipe mix & match.

Tipe wanita ini gemar mengkombinasikan produk fashion mulai dari ujung kepala sampai kaki, termasuk aksesorinya juga. Umumnya, kepribadian ini sering kali berlebihan ketika berbelanja karena harus bisa menyesuaikan kebiasaan mix & matchnya. Tentunya, jika memiliki kepribadian ini, kamu perlu menahan diri ketika membeli produk fashion agar tak berlebihan, membeli barang yang dijamin awet, dan menyesuaikan budget agar keuangan terjaga.

Tips belanja produk fashion sesuai tipe kepribadian  Istimewa

foto: Istimewa

5. Tipe gemar belanja online.

Akhir-akhir ini, wanita yang gemar berbelanja online kian bertambah dan membuatnya mudah tergoda membeli baju setiap kali asyik membuka aplikasi marketplace. Dalam kondisi tertentu, hal ini bisa memicu rasa ketagihan dan impulsif yang membuat saldo rekening tiba-tiba kosong. Agar lebih hemat, redam hasrat membuka toko online dan pasang limit saldo belanja online baik di rekening ataupun fitur PayLater.

6. Tipe suka berdagang.

Dibandingkan dengan jenis kepribadian lainnya, wanita yang suka berdagang biasanya hanya membeli barang yang mempunyai nilai jual dan bisa ditawarkan kembali untuk mendapat untung. Sebenarnya, wanita dengan kepribadian ini tak membutuhkan tips khusus agar bisa menghemat pengeluarannya. Tapi, guna meminimalkan risiko kerugian, pastikan membeli barang yang sesuai dengan tren fashion terkini dan kualitasnya terjamin agar lebih mudah dijual kembali.

7. Tipe kepribadian gila obral.

Sesuai namanya, wanita dengan kepribadian ini sangat sulit menahan hasrat belanjanya ketika melihat ada promo atau obral di tempat mana pun. Setiap melihat tawaran diskon atau cashback, mereka cenderung langsung berbelanja dan membuat pengeluaran tak terasa membengkak. Jika kamu tergolong memiliki tipe kepribadian ini, tidak ada cara lain untuk menyiasatinya selain menahan sekuat tenaga dorongan untuk berbelanja dan membatasi anggarannya agar keuangan tetap aman.

8. Tipe kepribadian plin-plan.

Ciri wanita jenis ini ketika berbelanja adalah gemar mengumpulkan pakaian untuk dibeli, tapi selalu bingung saat harus memilih. Mereka juga cenderung gampang tergiur dengan tawaran penjual sehingga kerap berlebihan ketika berbelanja. Untuk menyiasatinya, buat daftar produk yang ingin dibeli sebelum berbelanja, dan bila perlu bawa contoh produk agar bisa langsung menemukan barang yang diinginkan.

9. Tipe kepribadian praktis ekonomis.

Terakhir ada kepribadian praktis ekonomis yang biasanya sudah memiliki tujuan yang jelas terkait barang apa saja yang ingin dibeli, termasuk kisaran harganya. Sehingga, mereka cenderung lebih mampu mengontrol pengeluaran ketika berbelanja menyesuaikan budget yang tersedia. Biar lebih menguntungkan dan hemat, jangan ragu untuk memilih waktu berbelanja ketika ada promo, misalnya di akhir tahun atau menjelang lebaran.

Terlepas dari apa pun kepribadianmu ketika berbelanja pakaian, pastikan untuk memilih metode pembayaran yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Lebih Praktis dan Hemat Berbelanja dengan PayLater. Contohnya adalah Indodana PayLater yang memudahkan aktivitas belanjakarena tagihannya bisa dibayar belakangan secara mencicil. Selain itu, fitur bayar nanti ini juga kerap menawarkan beragam promo menarik yang menjadikan aktivitas belanja lebih asyik.