Brilio.net - Frugal living merupakan cara hidup hemat yang menjadi tren saat ini. Tak sedikit individu maupun keluarga tertarik mencoba gaya hidup hemat yang satu ini. Konsep hidup frugal living sebetulnya menekankan kesadaran penuh saat menggunakan uang.

Seperti mengeluarkan uang untuk kebutuhan, tetapi tetap menjaga kualitas hidup lebih baik. Frugal living mengutamakan membelanjakan uang dengan sadar daripada memenuhi keinginan ego untuk konsumsi hal yang tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, mereka pandai mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari serta tabungan.  

Sebagaimana yang dilakukan oleh wanita ini. Di usia muda, ia sudah menjalankan frugal living. Bahkan di beberapa video TikTok yang dibagikannya, ia sudah memiliki tabungan Rp 100 juta di usia 20 tahun. Kini usianya sudah 25 tahun dan memiliki banyak tabungan. 

wanita usia 25 tahun frugal living © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@hiqma_98

Pemilik akun TikTok @hiqma_98 ini menjelaskan ia hanya menghabiskan pengeluaran sekitar 10-15 persen dari penghasilannya yang sudah dua digit. Ia hanya menghabiskan Rp 1,5 juta per bulan hanya untuk uang kos Rp 700 ribu, dan makan sehari-hari Rp 800 ribu.

Lewat menabung itulah, ia bisa meraih goals yang selama ini direncanakannya. Yakni, membayar ongkos umrah dan merenovasi rumah kedua orang tuanya. 

"Di saat otang-orang pada boros dan hamburin uang. Aku malah nerapin frugal living dan bisa umrohin kedua orang tua di saat bulan Ramadhan. Renov rumah ortu," tulisnya dikutip brilio.net pada Sabtu (12/8). 

wanita usia 25 tahun frugal living © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@hiqma_98