Brilio.net - Tren frugal living membuat orang-orang semakin melek dengan financial planning untuk kehidupan sehari-hari. Sebagian dari mereka bahkan tanpa sadar sudah menerapkan gaya hidup frugal living itu sejak dulu. Hanya saja, ketika itu istilah frugal living tidak terlalu familiar dipakai. Alih-alih memakai kata frugal living, orang-orang lebih sering menggunakan kata hidup hemat untuk penggunaan sehari-hari. 

Secara singkat, frugal living adalah suatu pendekatan hidup yang mengedepankan nilai-nilai sederhana dan hemat dalam pengeluaran, dengan tujuan untuk mengelola sumber daya secara bijak. Kuncinya ada pada kata sederhana dan bijak mengambil keputusan terkait mengeluarkan uang. Ingat, frugal living nggak harus mengorbankan seluruh hidup kamu sampai harus merasa tersiksa karena penghematan itu. Terpenting adalah, hidup tetap berkualitas tapi dengan gaya sederhana. 

Banyak orang salah kaprah tentang konsep ini. Hidup frugal berarti menekan semua biaya pengeluaran dan mengorbankan kebutuhan maupun hal esensial lainnya, padahal tidak seperti itu. Hidup frugal juga nggak berarti membatasi diri kamu untuk bersosialisasi dan berbagi dengan sesama. 

Mungkin cerita singkat dari wanita ini bisa mengubah sedikit perspektif kamu tentang frugal living. Brilio.net melansir dari akun TikTok @sastiaroria pada Kamis (17/8), seorang wanita menceritakan bagaimana orang tuanya yang hanya penjual kue bisa membawa anak-anaknya keliling ke 30 negara di dunia. 

frugal living keliling dunia © TikTok

foto: TikTok/@sastiaroria

"Aturan frugal living ala papa mama," tulisnya dalam video. 

Dalam video berdurasi hampir 1 menit itu menjelaskan bagaimana orang tua Sasti yang dulunya berjualan kue ketawa wijen bisa membawa anak-anaknya keliling dunia. Semua itu berkat frugal living yang diterapkan oleh sang mama dan papa. 

“Aturan frugal living yang orang tua gua terapkan yang bisa bikin mereka dari jualan kue ketawa di sekolah, sampai bawa anaknya pergi ke 30 negara" ujarnya. 

frugal living keliling dunia © TikTok

foto: TikTok/@sastiaroria