Brilio.net - Menerapkan hidup frugal living nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Kalau cuma sekadar mengirit uang pengeluaran, mungkin semua bisa melakukannya. Tapi untuk konsisten menerapkan hal tersebut sampai mendapatkan kondisi finansial yang lebih baik itu beda cerita.

Di tengah maraknya tren frugal living di media sosial, banyak warganet yang menceritakan konsep hidup hemat versi mereka. Ada yang mampu menekan uang belanja sampai bisa nabung puluhan juta, membeli rumah, sampai mobil. Namun, tidak sedikit pula yang merasa 'ngap-ngapan' setelah menjalani konsep ini selama beberapa bulan.

Seperti yang dialami oleh ibu rumah tangga yang satu ini. Mengetahui ada wanita yang uang bulanannya Rp 3,5 juta tapi bisa ke beli rumah di tahun ke-5 pernikahan. Dia pun tertantang untuk membuktikan apakah hal tersebut masuk akal atau tidak.

Momen itu brilio.net lansir dari akun TikTok @chystore pada Senin (14/8), dalam unggahannya ibu muda ini menambahkan caption, "Frugal living = Hemat atau kikir??" tulisnya.

frugal living gagal © TikTok

foto: TikTok/@chystore

Wanita yang kerap membagikan seputar kehidupan rumah tangganya itu tertarik untuk menerapkan frugal living. Dia memiliki tiga anak balita yang imut dan masih kecil-kecil. Selama sebulan dia diberi nafkah suami sekitar Rp 4 juta.

Sebagai ibu muda yang 24 jam mengurus rumah, wanita ini sangat concern terhadap kebutuhan anak dan suaminya. Meski begitu dia tetap harus memutar otak supaya uang yang dibelanjakan tidak over budget.

frugal living gagal © TikTok

foto: TikTok/@chystore

Misalnya, untuk produk diaper anak, alih-alih membeli tiga ball sekaligus sang ibu hanya membeli satu produk saja. Biar nggak langsung habis, anak pertama cuma pakai popok di pagi hari. Anak kedua pakai popok full. Sementara anak ketiga pakai popok di pagi hari saja.

Dari yang dulunya bisa membeli popok sampai Rp 350 ribu lebih, kini cuma mengeluarkan Rp 88 ribu sebulan untuk popok.

frugal living gagal © TikTok

foto: TikTok/@chystore