Brilio.net - Gaya hidup frugal living akhir-akhir ini menjadi tren, terutama di kalangan kaum milenial. Namun, seringkali orang-orang salah tangkap mengenai konsep frugal living sebagai gaya hidup hemat.

Tak sedikit yang menganggap frugal living adalah hidup pelit. Padahal, pelit dan hemat merupakan dua hal yang berbeda. Pelit melihat barang dari segi harganya. Sementara, hemat melihat barang dari segi nilainya.

Bisa dikatakan, orang-orang yang menerapkan frugal living yakni mengutamakan kebutuhan dari segi nilainya dengan meminimalkan pengeluaran. Sebagaimana yang dilakukan oleh ibu muda berikut ini.

Dalam kesibukan kehidupan perkotaan yang berputar cepat, diantara gemuruh lalu lintas dan rutinitas pekerjaan, ibu ini dengan teguh memegang prinsip keuangan dan hidup hemat. Ia menerapkan gaya hidup frugal dengan cara membawakan bekal untuk keluarganya setiap hari.

Ibu muda ketagihan frugal living © TikTok

foto: TikTok/@riskacyntia

Wanita yang diketahui bernama Riska Ade Cyntia ini pun mengaku harus terampil dalam mengatur keuangan keluarga. Setiap bulan, ia memutar otak untuk memastikan anggaran keluarganya berjalan lancar.

Menjadi seorang istri sekaligus ibu yang bekerja dengan rutinitas yang padat, Riska adalah contoh hidup tentang bagaimana seseorang bisa mengelola uang dengan bijaksana, meskipun dalam keterbatasan. Setiap kali gajinya dan sang suami masuk, ia mengambil peran sebagai manajer keuangan keluarga.

Tanpa tergoda oleh makanan cepat saji atau santapan di luar, Riska memutuskan untuk membawa bekal untuk sang suami dan anaknya setiap hari. Setiap pagi, sebelum matahari muncul, Riska sudah mulai masak. Tetapi bahan masakannya memang sudah disiapkan sejak malam sebelum tidur, sehingga paginya tinggal mengolah saja.