Brilio.net - Tren frugal living membuat orang-orang berlomba untuk memamerkan cara mereka mengatur keuangan sampai bisa hemat luar biasa. Ada yang bisa menyisihkan belasan juta, bisa kebeli mobil mewah, menyicil rumah walau pendapatan di bawah Rp 4 juta, dan sebagainya.

Namun, di balik itu nggak sedikit juga yang merasa "hidup cuma sekali, jadi mari nikmati saja". Mereka yang punya pandangan seperti ini biasanya menganggap bahwa rezeki yang diberikan ada untuk disyukuri dan dinikmati selagi bisa. Asalkan tidak boros sampai menyusahkan diri dan orang lain, semuanya tidak masalah.

Menerapkan konsep frugal living nyatanya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain harus mengubah kebiasaan, ada tantangan psikologis yang seringkali tidak disadari manusia. Tak heran bagi mereka yang baru mencobanya, ini jadi tantangan terberat.

Sebagaimana yang dilakukan oleh ibu muda satu ini. Mengaku baru mencoba hidup frugal living selama sebulan, wanita satu ini endingnya malah menyesal walau sudah bisa menghemat uang Rp 1 jutaan. Memang seperti apa cara wanita tersebut melakukannya?

frugal living bikin nyesel © TikTok

foto: TikTok/@chystore

Brilio.net melansir dari akun TikTok @chystore pada Selasa (15/8), taktik bisa menghemat bujet bulanan Rp 4 juta dengan anak 3 cukup simpel tapi sulit dilakukan.

Pertama, untuk tiga anak yang masih di bawah umur 5 tahun semua, ibu satu ini cuma membeli satu diaper saja. Kalau dulu dia bisa membeli 5 diaper dengan harga mencapai Rp 374 ribu untuk satu bulan.

Supaya diaper tetap cukup untuk satu bulan, anak pertama dan ketiga dikurangi memakai popok. Sementara anak kedua masih tetap pakai full setiap hari.

frugal living bikin nyesel © TikTok

foto: TikTok/@chystore

 

 

.