Kedua, untuk body care, sang ibu cuma membeli masing-masing satu produk. Setiap produk itu dipakai untuk bersama. Misalnya, minyak telon 1 piece digunakan untuk 3 anak, sabun cair diganti sabun batang, 1 hair lotion dipakai bertiga.

Sementara itu, untuk susu anak sang ibu tetap memprioritaskan membeli tiga sesuai kebutuhan. Tapi tetap disiasati supaya susu tidak cepat habis. Caranya dengan anak kedua dikurangi minum susunya, dan diperbanyak ngemil. Anak ketiga full ASI, sedangkan anak pertama disapih dan minum susu di gelas.

frugal living bikin nyesel © TikTok

foto: TikTok/@chystore

Menerapkan frugal living bukan berarti nggak bisa makan enak. Wanita ini tetap memberikan jatah snack buat anak-anaknya. Jika dulu dianggarkan beli snack Rp 200 - Rp 300 ribu, sekarang masing-masing anak cuma boleh beli 2 snak kesukaannya.

Soal perawatan diri, sang ibu memilih skincare basic seperti cuci muka, serum, dan pelembap untuk wajah saja. Dari yang semula bisa habis Rp 500 ribu kini jadi Rp 300 ribu.

frugal living bikin nyesel © TikTok

foto: TikTok/@chystore

Biaya pendidikan anak yang ditanggung ibu muda ini nggak terlalu mahal karena disekolahkan di kampung. Per bulannya membayar Rp 100 ribu sudah termasuk modul belajar. Jajan anak cuma dijatah Rp 5 ribu sehari.

Sisa uang bulanan dipakai untuk bayar listrik, keperluan rumah, kuota, dan makan diluar sesekali. Dari pengeluaran di atas, ibu tiga anak ini bisa menghemat Rp 1,2 juta dari total Rp 4 jutaan.

frugal living bikin nyesel © TikTok

foto: TikTok/@chystore

Alih-alih tambah semangat untuk menerapkan frugal living, wanita ini mengaku 'mau gila' karena harus menekan biaya luar biasa. Alhasil dia memutuskan untuk menerapkan frugal living cukup satu bulan, selebihnya kembali ke kebiasaannya.

Kira-kira kalau kamu menerapkan frugal living, bisa sehemat ini atau bahkan masih tetap kurang, nih? Slide foto yang diunggah tersebut banyak dikomentari oleh warganet, seperti berikut ini.

"4,8 aj msi mengap" msi mkir ckup gak ckup gak ank masi 1 tp ya allah," ujar Ib Aprillia Descka's.

"hdp kita udah ada jln nya masing2,,, yg cocok buat mereka blm tentu cocok buat kita nggihhhhh," ungkap Cerry Syg.

"perasaanku makin hemat uangku makin cpet abis," sahut KiyasStore.

"skrg mah yg penting jgn lupa bersyukur,mental jga harus, sehat," kata Umi Bilqis.

"anakku 2 orang.. anak pertama TK anak kedua PAUD.. dan dua2nya sehari bisa sampe 20rb an.. soalnya semakin hemat..uangku makin cepet habis.. " timpal sofiamaulida25