×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini cocok bagi pendaki

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

7 Gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini cocok bagi pendaki

Tapi, harus tetap hati-hati dan patuhi semua prosedur pendakian.

24 / 01 / 2017

Brilio.net - Kamu suka liburan ke gunung? Nah, gunung-gunung di Sumatera bisa menjadi salah satu tujuan wisatamu, khususnya bagi pendaki. Selain puncaknya menantang, alamnya juga sangat indah.

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Sumatera punya kekayaan alam yang sangat melimpah, tanahnya subur, batuan mineralnya kaya, dan keanekaragaman hewannya sangat banyak. Selain itu, Sumatera juga menjadi salah satu rumah bagi gunung-gunung api paling aktif di dunia, seperti Gunung Sinabung, Singgalang, dan Kerinci.

Beberapa gunung ini memiliki jalur pendakian yang aman dan nyaman untuk dilalui oleh para pendaki dan pecinta alam. Namun beberapa gunung lainnya sepertinya sulit atau bahkan belum bisa didaki, karena berbahaya.

Berikut brilo.net rangkum 7 gunung tertinggi di pulau Sumatera.

1. Gunung Kerinci

Loading...

gunung © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@reckydarmaputra28

Puncak tertinggi Gunung Kerinci berada pada titik 3.805 mdpl. Terletak di provinsi Jambi, Kerinci menjadi gunung api tertinggi se-Indonesia. Gunung Kerinci merupakan puncak tertinggi dari jajaran bukit barisan yang membentang membelah pulau Sumatera. Gunung ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci-Seblat, yang merupakan habitat hidup harimau dan badak Sumatera yang hampir punah.

Pendakian gunung Kerinci dapat dilakukan melalui jalur pos Kersik Tuo. Keindahan alam dan pemandangan di puncak Kerinci yang sangat mempesona menjadikan gunung ini menjadi tujuan favorit para pendaki dari seluruh nusantara.

2. Gunung Leuser

gunung © 2017 brilio.net-foto: jejakkaumkusam.blogspot.co.id

Gunung Leuser terletak di tenggara provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya dekat perbatasan dengan Sumatera Utara. Gunung leuser merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Jalur pendakian menuju puncak leuser dapat dilewati melalui jalur normal, dari desa Kedah Penosan, Kuta Panjang Aceh Tenggara.

Gunung leuser memiliki tiga puncak tertinggi, yakni puncak Leuser (3.119 mdpl), puncak Loser (3.405 mdpl), dan puncak tanpa nama (3.445 mdpl). Perjalanan panjang harus ditempuh bagi pendaki yang ingin menggapai puncak tertinggi di Leuser, yakni dengan memakan waktu hingga 14 hari.

3. Gunung Dempo

gunung © 2017 brilio.netfoto: Instagram/@jherry_andrean7

Gunung Dempo merupakan gunung berapi tipe kerucut (stratovulcano) yang terletak di provinsi Sumatera Selatan dan berbatasan dengan provinsi Bengkulu. Kota terdekat untuk mencapai gunung Dempo dapat melalui Kota Pagaralam. Gunung ini memiliki ketinggian 3.195 meter diatas permukaan laut (mdpl), dan terdapat sebuah kawah biru yang menjadikan gunung Dempo menjadi tujuan para pendaki.

4. Gunung Bandahara

gunung © 2017 brilio.net-foto: pendakiangunungindonesia.wordpress.com

Gunung Bandahara adalah sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan memiliki ketinggian 3.030 mdpl. Gunung Bandahara merupakan gunung yang tidak berapi. Terdapat tanaman khas pada gunung ini yakni Genus Nepenthes atau biasa disebut dengan kantung semar.

5. Gunung Talamau

gunung © 2017 brilio.net-foto: Instagram/@yhanti_talamau-

Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi di provinsi Sumatera Barat yang memiliki ketinggian 2.982 mdpl. Gunung Talamau termasuk salah satu dari gunung api. Namun, Talamau termasuk gunung yang tidak aktif dan menyimpan segudang pesona yang sayang untuk dilewatkan. Kawasan hutan yang masih perawan, ditambah suara kicauan burung yang bersahutan berpadu dengan keindahan belasan telaga yang berada di kawasan gunung, membuat perjalanan panjang para pendaki takkan terasa sia-sia.

6. Gunung Marapi

gunung © 2017 brilio.net-foto :rantinghijau.wordpress.com

Gunung Marapi terletak di provinsi Sumatera Barat, tepatnya terletak di kabupaten Agam. Gunung ini merupakan salah satu gunung paling aktif di pulau Sumatera dan memiliki ketinggian 2.891 mdpl. Puncak Marapi sendiri memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dengan hamparan padang edelweiss yang memikat. Jalur pendakian yang paling sering digunakan adalah melalui Koto Baru. Gunung ini menjadi tempat favorit bagi para pendaki lokal.

7. Gunung Geureudong

gunung © 2017 brilio.net-foto: fatimahwidia.blogspot.co.id

Gunung Geureudong merupakan salah satu gunung tinggi yang terletak di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, tepatnya di kabupaten Bener Meriah. Memiliki ketinggian 2.885 mdpl, gunung ini masih sangat jarang didaki oleh para petualang, sehingga informasi jalur pendakiannya masih sangat terbatas. Pendakian menuju puncak gunung ini dapat dilalui dari desa Bukit Mulie. Kawasan gunung Geureudong juga merupakan habitat hidup gajah Sumatera.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    43%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    14%

  • Sedih

    14%

  • Marah

    29%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more