Brilio.net - Setelah berlangsung selama dua bulan, tim First Raiders akhirnya terbentuk. Talenta baru gamer di dunia e-Sports ini merupakan hasil dari grand final First Warriors Season 1 yang digelar di Mall Taman Anggrek Jakarta, Minggu, (27/10). Sebelum masuk ke grand final, mereka mesti melalui rangkaian proses yang cukup panjang mulai dari kualifikasi offline dan online, masa karantina, dan proses audisi bersama para juri dan mentor.

Kompetisi First Warriors sendiri telah berhasil diselenggarakan di enam kota besar di Indonesia, yakni Medan, Surabaya, Bandung, Batam dan Semarang (penyisihan online) serta yang terakhir di regional Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kompetisi ini bertujuan untuk mendapatkan delapan peserta bertalenta terbaik masing-masing dari kota Medan, Surabaya, Bandung, ditambah empat perwakilan masing-masing dari kota Batam dan Semarang, serta 16 peserta terbaik di region Jabodetabek, dari jumlah peserta yang mencapai lebih dari 13.000 orang dengan lebih dari 100 pertandingan.

Firts Warriors © 2019 brilio.net

Marlo Budiman, Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk (First Media) (kanan) memberikan semangat kepada para peserta Grand Final First Warriors 

Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk (First Media) Marlo Budiman mengatakan pihaknya bangga dengan respons positif dan antusiasme luar biasa dari masyarakat terutama para peserta yang telah mengikuti rangkaian audisi First Warriors di enam kota. Menurutnya seluruh peserta yang telah mengikuti kompetisi ini memiliki bakat-bakat hebat yang mereka salurkan melalui First Warriors.

Loading...

“Kami berharap para pemenang Grand Final First Warriors yang secara resmi akan bergabung sebagai First Raiders, Official e-Sports Team First Media mampu mengharumkan nama Indonesia di berbagai kompetisi lokal hingga internasional. Tidak berhenti sampai di sini, kami mau menjadi penggerak ekosistem e-Sports di Tanah Air dengan terus mencari talenta berbakat lainnya di bidang e-Sports melalui First Warriors Season 2 yang akan kembali diselenggarakan tahun depan, dengan kualitas yang lebih baik dan memperluasnya ke kota lain seiring dengan ekspansi jaringan yang kami lakukan,” kata Marlo di Jakarta belum lama ini. 

Firts Warriors © 2019 brilio.net

(Ki-Ka): Melissa Kusuma, Head of Business Development PT Link Net Tbk (First Media), Marlo Budiman, Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk (First Media) bersama dengan Ferliana Suminto, Content & eSports Director PT Link Net Tbk (First Media) menunjukan medali First Warriors yang diperebutkan peserta di grand final

Meski awalnya masing-masing peserta tampil sebagai individu (solo edition), nah dalam masa karantina, ke-48 Warriors dipersiapkan sebagai pemain Free Fire yang mampu bersinergi baik secara skuad. Masa karantina dilakukan di Aryaduta Hotel, Lippo Village Karawaci, 12–26 Oktober 2019 lalu. Dalam karantina ini, mereka diberikan pembekalan skill maupun mental oleh sejumlah pakar dan pemerhati e-Sports Tanah Air, seperti Richard Permana (CEO NXL eSports), Eddy Lim (Ketua Umum IESPA), Ghea Amalia Arpandy (Psikolog), Wijaya Nugroho (Garena Indonesia), dan Joey Siagian (Former Vice President EVOS eSports).

Selain itu mereka juga mendapat bimbingan langsung dari empat Juri dan mentor, yaitu Kapten Liong (YouTuber dan Content Creator), Meri Olivia (Garena Free Fire Gaming Video Creator), Skyla (Caster dan Coach Professional Team), dan duo Kulgar (Gaming Developer dan Content Creator Free Fire) yang terlibat dalam pembentukan skuad terbaik dengan skill mumpuni serta memberikan masukan terkait strategi bermain yang ideal.

Ajang karantina First Warriors sangat baik untuk mereka yang berasal dari berbagai kota, selain mendapatkan pembekalan materi terkait e-Sports karantina ini sangat berguna dalam membangun chemistry antar tim. Realisasinya dituangkan dalam empat kali audisi yang juga menjadi ajang pembuktian mereka dalam membangun tim, di mana para peserta belum saling mengenal sebelumnya.

“Tentu kami juga turut andil melakukan perombakan melihat setiap kelebihan dan kekurangan dari setiap personal yang bertanding. Semoga ini merupakan hasil maksimal dari setiap perombakan yang ada dan semoga para peserta dapat bertanding dengan sangat hebat di ajang Grand Final,” ungkap Kapten Liong.

Pada kompetisi Grand Final First Warriors, ke-48 Warriors ini para peserta bersaing kembali mewujudkan mimpi mereka menjadi pemain profesional, memperebutkan total hadiah senilai Rp 1,3 miliar, dan satu unit mobil Renault KWID Climber (bagi peraih predikat Most Valuable Player), termasuk dikontrak eksklusif sebagai First Raiders. Sebanyak 12 tim sama-sama bermimpi menjadi pemain profesional, namun hanya dua tim (delapan pemain) yang berhasil mewujudkan mimpinya.

Firts Warriors © 2019 brilio.net

Marlo Budiman, Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk (First Media) bersama Ferliana Suminto, Content & eSports Director PT Link Net Tbk (First Media) saat membuka pertandingan Grand Final First Warriors dan memperkenalkan Jersey resmi tim profesional First Raiders.

Dalam kesempatan ini, Chief Operating Officer PT Maxindo Renault Indonesia sebagai pemegang resmi merek Renault di Indonesia dan merupakan sponsor utama First Warriors Davy J Tuilan, mengungkapkan e-Sports merupakan ajang baru, yang diyakini bukan hanya tren semata, namun menjadi cabang resmi dan budaya baru dalam dunia kompetisi di Indonesia.

Dengan hampir 500 juta peminat dan global revenue sebesar USD 1 miliar di seluruh dunia, hanya tinggal menunggu waktu, Indonesia juga akan memberikan kontribusi peminat e-Sports bagi dunia, bersamaan dengan pertumbuhan gamer di berbagai kalangan umur di Indonesia.

“Renault Indonesia meyakini, besar dan tumbuh bersama-sama gamers termasuk berkolaborasi dengan First Media, dapat menjadi kunci sukses, eksistensi merek, sekaligus memiliki peran dalam mendukung kemajuan talenta anak bangsa di mata dunia,” ujar Davy.

First Media juga terus berkomitmen melengkapi para pemenang dengan skill yang lebih advance di bidang e-Sports agar dapat terus berkarya dan memenangkan berbagai kompetisi.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh tim pemenang, dan peraih gelar MVP di Grand Final First Warriors, semoga melalui ajang ini menjadi langkah awal dalam rangkaian prestasi positif di kancah-kancah turnamen e-Sports berikutnya,” kata Ferliana Suminto, Content dan e-Sports Director PT Link Net Tbk.

Berikut para pemenang Grand Final First Warriors yang berlangsung di Mall Taman Anggrek Jakarta.

Catastrophe (Juara)

  • Falih “FORGET” Hibatullah (Jabodetabek)
  • Muhammad “BOA"MKZ” Haerul (Bandung)
  • Moh “GMG” Rifa'i (Batam)
  • Ahmad “8” Iqbal (Batam)

Epic Warriors (Runner Up-1)

  • Jaya "TangCity" Putra (Jabodetabek)
  • Arief “TJS™I'm” Virgiawan (Bandung)
  • Rizqi “” Safaraz (Medan)
  • Muhammad “SKSK” Akbar (Medan)

Kulgar Diamond (Runner Up-2)

  • Aulia “JEND•NJ” Syahrul (Surabaya)
  • Tuhusetia “BGL•” Mahadhika (Semarang)
  • Walian “DsID`DarkLx” Mursidan (Jabodetabek)
  • Said “DsID`DarkLx” Khairiza (Medan)

Miracle (Runner Up-3)

  • Nuruzzahri “NEW'” (Medan)
  • Ridhwan “XBRUTAL×" Alaudin (Bandung)
  • Dani “MRCL•Dnh” Hermawan (Bandung)
  • Suriadi “SΕS•Mr.LAΠG (Batam)

Peraih Most Valuable Player yang mendapatkan satu unit mobil Renault KWID Climber, yaitu Moh “GMG” Rifa'I asal Batam