Brilio.net - Penyakit kanker payudara masih menjadi pembunuh utama wanita di Indonesia. Makanya, kesehatan payudara sudah seharusnya jadi perhatian khusus wanita. Nah, untuk menjaga sekaligus mencegah terkena kanker payudara, para peneliti dari Swedia menganjurkan untuk minum kopi.

Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Sabtu (1/8), penelitian yang sudah melibatkan lebih dari 40.000 wanita ini telah mendapatkan hasil bahwa kopi dapat melindungi wanita dari kanker payudara. Mereka menemukan bahwa wanita yang minum lima cangkir atau lebih dalam satu hari memiliki tingkat penurunan risiko terserang kanker payudara 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi satu atau dua cangkir kopi. Wow!

Para peneliti menganalisis asupan sehari-hari mereka, seperti kopi, teh serta kafein dari diet mereka (misalnya cokelat).

Sebagai perbandingan, menurut laporan International Journal of Cancer, wanita yang minum lebih dari satu cangkir teh sehari memiliki 19 persen peningkatan kesempatan terkena penyakit kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak minum sama sekali.

Satu teori tentang manfaat kopi, kata para peneliti, bahwa kopi mengandung antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Loading...

Selain teori tersebut, menurut penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Karolinska Institutet, Stockholm, Sweden, mengungkapkan fakta bahwa mengonsumsi minuman panas, terutama kopi panas secara teratur ternyata dapat menekan kemungkinan terkena estrogen reseptor negatif penyebab kanker payudara.

Namun, menurut peneliti, mereka masih memerlukan studi lebih lanjut untuk dapat mengetahui manfaat kopi secara pasti kaitannya dengan penyembuhan kanker payudara.

So, ladies, sebaiknya tetap perhatikan konsumsi kopi dalam sehari dan kenali gejala kanker payudara sebagai antisipasi dini. Kesehatanmu lho!