Brilio.net - Karena cowok tidak memiliki payudara seperti cewek, bukan berarti cowok tidak bisa memiliki tumor lho.

Menurutmu gimana?

"Kanker pada cowok memang jarang terjadi, namun bisa saja terjadi," kata Mary Daly, ketua genetika klinis di Fox Chase Cancer Center di Philadelphia, seperti dikutip brilio.net dari laman Men's Health, Jumat (12/6).

Jadi, jikalau cowok melihat benjolan di dada, sebaiknya tidak diabaikan. Melainkan justru segera periksa ke dokter ahli.

Stephanie Akbari, MD, direktur medis dari Reinsch Pierce Family Center for Breast Health di Virginia Hospital Center, menyatakan, "Kalau ibu dari orang bersangkutan memiliki kanker payudara, berarti perlu dirunut lebih dalam. Dalam beberapa kasus, kanker payudara dipicu oleh versi bermutasi dari gen BRCA1 atau BRCA2, yang dapat diwariskan oleh laki-laki dan wanita."

Jika keganasan kanker yang diderita ibu orang bersangkutan berasal dari salah satu mutasi gen tersebut, ada kemungkinan sebesar 50% menurun pada orang bersangkutan.

Kabar baiknya, catatan dalam Journal of the National Cancer Institute menyatakan bahwa mutasi gen BRCA1 atau BRCA2 dalam meningkatkan risiko kanker pada cowok sudah menurun, sekitar 1,2% sampai 6,8%, untuk masing-masing gen.

Nah, namun begitu, mutasi BRCA ternyata membuka peluang kaum cowok terkena kanker prostat, seperti yang dikatakan Daly.

Untuk melindungi diri dari segala kemungkinan kanker payudara maupun prostat, ada baiknya cowok melakukan konseling genetik kepada ahli dengan menggunakan riwayat kesehatan keluarga.

Lebih lanjut, untuk mengurangi ancaman kanker payudara maupun prostat, cowok dihimbau untuk mengurangi obesitas (bila memang mengalami obesitas). Sebab faktor ini menjadi risiko untuk kedua jenis kanker tersebut. Selain itu cowok juga harus selalu waspada dengan gejala-gejala kanker dan tak lupa selalu bergaya hidup sehat.

BACA JUGA:

Anak tukang tambal ban ini hanya butuh 16 bulan hafal al quran 30 juz

Seorang ibu pasang iklan mencari 'ayah sementara' untuk anaknya

Olahraga 15 menit bisa bikin kamu hidup 3 tahun lebih lama

Keluarga kamu ada yang darah tinggi? Coba suruh makan buah bit