Brilio.net - Selama ini banyak orang, bahkan mungkin termasuk kamu yang menganggap bahwa dibandingkan cewek, cowok itu makhluk yang paling kuat, lebih tahan banting, dan lebih bisa dalam melakukan segala hal.

Pikiran ini nggak sepenuhnya benar, lho. Menurut studi yang dilakukan oleh King's College, London, seperti dikutip brilio.net dari ZeeNews India, Jumat (26/6), dalam hidupnya, cowok mungkin saja memiliki tubuh yang lebih sehat dan kuat dibandingkan cewek, tapi ternyata cewek lebih punya kans yang lebih besar untuk memiliki umur yang lebih panjang.

Studi yang juga termuat dalam Journal of American Geriatrics Society ini dilakukan dengan meneliti ratusan bahkan ribuan responden laki-laki dan perempuan dengan rentang waktu antara tahun 1990 sampai dengan 2013.

Nah dari penelitian ini didapat hasil bahwa dibandingkan laki-laki, perempuan yang mencapai umur 100 tahun bahkan lebih empat kali lebih besar dibandingkan laki-laki.

Walaupun bisa hidup lebih lama, perempuan memiliki risiko lebih besar untuk mengidap penyakit-penyakit kronis dan cacat seperti patah tulang, gangguan pendengaran bahkan kerusakan pada alat penglihatannya.

Sedangkan untuk laki-laki, menurut Nisha Hazra, sang peneliti, cenderung untuk memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga risiko untuk mengidap penyakit yang kronis sangat kecil untuk dialami oleh laki-laki.

Walaupun begitu, keduanya memiliki peluang yang sama untuk mengalami gangguan kesehatan seperti arthritis atau radang sendi, diabetes maupun kanker.

Oleh sebab itu, pengecekan kesehatan yang rutin dan berkala sangat perlu untuk dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan agar ketika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dapat ditangani lebih dini dengan pencegahan maupun pengobatan yang tepat.

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi