×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

View Image

0

BRILIO » Life

6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

Teman-teman akan membantumu jika ada hambatan dalam pekerjaan.

23 / 11 / 2015

Brilio.net - Terjun ke dunia pekerjaan baru, terlebih bagi kamu yang fresh graduate, memang bikin canggung. Selain canggung soal pekerjaan anyar, juga kehidupan sosial di kantor nantinya.

Untuk memulai kehidupan baru di kantor tempat kamu bekerja kamu perlu menjalin interaksi yang bagus dengan orang-orang di kantor. Relasi yang mantap akan membawamu bisa mengelola pekerjaan dengan baik. Selain itu teman-teman juga akan membantumu mencarikan solusi jika ada hambatan. Tak cuma itu, bagaimana bisa kamu mengerjakan tugas kalau nggak bisa berkoordinasi dengan karyawan lain, terlebih saat kamu benar-benar nge-blank?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari laman bustle, Senin (23/11), berikut 6 cara mendapatkan kawan di kantor dalam waktu singkat:

1. Ambil insiatif

6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

Loading...

foto: giphy.com

Yup, mulailah mengambil inisiatif memulai percakapan dengan teman kiri atau kanan kamu duduk. Perkenalkan dirimu dan tunjukkan betapa kamu ingin menjadi tim solid dari pekerjaan tersebut, termasuk juga peduli dengan orang-orang di kantor tersebut. Sebuah artikel dalam laman Huffington Post yang berdasarkan artikel dari Riordan, dan telah diterbitkan dalam Journal of Business Psychology pada tahun 90-an, menyatakan bahwa kesempatan kemungkinan menjalin pertemanan di tempat kerja dapat meningkatkan kepuasaan kerja karyawan, lho.

2. Kolaborasi ide

6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

foto: giphy.com

Cara tepat menciptakan pertemanan di tempat kerja selanjutnya adalah kolaborasi ide. Setelah mengobrol enak dan nyaman, kamu dan teman kantormu akan berbagi pengalaman dan ide. Dari sini, kamu bisa melanjutkan langkah inisiatifmu untuk menggabungkan ide dengan ide milik temanmu. Dengan tindakan semacam ini, bisa memperkokoh jalinan pertemanan kamu dan orang kantor, terlebih kalau kamu bisa mendengarkan dengan cermat ide kawanmu dan memujinya.

Sebuah artikel yang dimuat di Forbes, yakni berdasarkan studi yang dilakukan oleh Professor Norihiro Sadato, professor di National Institute for Physiological Sciences, Jepang, menyatakan bahwa saat otak menerima reward (penghargaan) sosial, efeknya sama saat diberi reward uang. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa seseorang melakukan yang lebih baik ketika mereka menerima hadiah sosial setelah menyelesaikan latihan.

Memuji seseorang bisa menjadi strategi yang mudah dan efektif untuk pengelolaan orang dalam kelas atau selama rehabilitas. Hal ini juga berlaku bagi kamu dan orang kantor yang menjadi bagian sebuah organisasi.

3. Dapat diandalkan

6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

foto: giphy.com

Kawan kantormu akan semakin dekat dengan kamu kalau kamu dapat diandalkan alias dapat dipercaya. Tak peduli dalam hal apa pun itu, asal demi kebaikan bersama, jadilah orang yang sigap memberikan bantuan dan kepedulian di kantor. Maka, kamu akan dikenang sebagai pribadi yang baik di semua kalangan kantor.

4. Hindari gosip

6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

foto: giphy.com

Yup, bergosip di kantor memang godaan berat.  Apa pun bentuk gosipnya, cobalah menghindari. Menggosip selalu identik dengan hal negatif. Jangan biarkan dirimu larut ke hal negatif, yang justru bikin reputasimu buruk di mata semua orang kantor. Sebisa mungkin saat menghadapi rumor tak sedap, baik terkait orang lain maupun kamu, coba telaah dari banyak sudut pandang, guna menentukan sikap bijak. Nggak mau kan, hubungan dengan orang kantor hancur karena gosip busuk?

5. Jangan lupa jadi diri sendiri

6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

foto: giphy.com

Seingin apa pun kamu menjadi karyawan yang disukai rekan kantor, jangan meniru gaya orang lain. Jadilah dirimu sendiri yang membuat orang lain bisa merasa kosong saat kamu nggak ada. Mengingat juga, setiap individu itu unik, tonjolkan kelebihanmu dan jadikan kekuranganmu sebagai kelebihanmu. Misalnya saja, kamu memiliki kelebihan dalam komunikasi, kamu bisa mewakili kawan-kawanmu saat diskusi kelompok guna menyampaikan ide kelompok.

Tapi kalau kamu orang yang nggak bisa berkomunikasi lancar secara verbal tapi bagus memerinci detail tugas, maksimalkan mengerjakan tugasmu dan biarkan temanmu yang pandai bicara menyatakannya kepada audiens. Dengan begini, jadi ada kerja sama menguntungkan antara kamu dan kawan kantor, kan?

6. Jangan asal marah dan serang

6 Langkah agar kamu cepat dapat teman di kantor baru

Dalam dunia pekerjaan, saling iri dan 'sikut-sikutan' itu tak dapat dihindari. Sebaik apa pun kamu, pasti ada yang nggak suka. Itu hal lazim. Tapi sekalipun kamu marah sama seseorang, pastikan kamu punya alasan jelas dan akurat, bukan masalah personal, misalnya cemburu membabi buta. Dengan begitu diharapkan hubungan di kantor tetap harmonis karena bisa mengatasi masalah dengan kawan kantor secara kepala dingin dan pikiran jernih. Tak ada masalah yang tak dapat diatasi secara baik dan tepat, bukan?

Jadi, sekarang bagaimana, guys? Jangan ragu memulai pertemanan lebih dulu, ya! Niat baik akan berbuah baik.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more