Brilio.net - Membersihkan kaca jendela bisa menjadi kegiatan yang sangat menjengkelkan, apalagi kalau kotoran masih tidak hilang juga atau bekas pembersihan yang tertinggal. Itu terjadi akibat kita melakukan kesalahan saat membersihkan jendela kaca.

Mau tahu apa sebenarnya kesalahan kamu?

Dikutip brilio.net dari laman Good Housekeeping, Jumat (29/5), berikut lima kesalahan membersihkan jendela yang sering dilakukan banyak orang:

1. Memilih cuaca yang cerah

Melakukan pekerjaan membersihkan jendela saat matahari terik dan pembersih sebelum menyekanya dengan kain lap, akan meninggalkan garis-garis yang sulit dihilangkan. Sebaliknya, kamu bisa memilih cuaca agak mendung atau teduh untuk membersihkan jendela.

Tapi jika matahari bersinar terik dan kamu getol banget hendak membersihkan, lebih baik kamu memulai dari bagian dalam jendela atau dari dalam rumah, yang bagiannya mendapat posisi teduh.

2. Kamu tidak membersihkan debu atau kotoran di kusen atau bingkai jendela

Melewatkan langkah ini akan membuat kotoran berkumpul di area sela-sela atau yang ditindih oleh jendela. Selalu bersihkan kusen atau bingkai jendela sebelum membersihkan keseluruhan jendela. Kamu pasti akan manggut-manggut dan senyum-senyum sendiri waktu baca poin ini. Ngaku deh!

3. Kamu tidak sepenuhnya menggunakan pembersih jendela

Jangan pernah ragu untuk menggunakan cairan pembersih, apalagi kalau jendela teramat kotor. Kalau memang butuh banyak cairan pembersih, lakukan saja, supaya benar-benar kinclong.

4. Menggunakan koran untuk mengeringkan

Tak jarang orang menggunakan trik ini, tapi faktanya tidak efektif. Yang efektif adalah kamu menggunakan kain microfiber untuk mengeringkannya. Kain ini merupakan penyerap super dan bisa membuat kaca jendela mengilap.

5. Mengeringkan dengan kain handuk

Handuk bisa meninggalkan serat pada kaca. Maka sebagai alternatifnya, selain kain microfiber adalah handuk kertas. Dalam uji coba handuk kertas, dia bisa mengangkat partikel terkecil dan tidak meninggalkan serat.

(brl/gib)