Brilio.net - Kebiasaan dan pola hidup sehat sangat berpengaruh terhadap berat badan maupun kesehatan seseorang. Jika tidak mau memiliki berat badan berlebih, sebaiknya kita juga menjaga dan memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Obesitas atau kelebihan berat badan bukan hanya terjadi saat kamu makan secara berlebihan setiap hari. Namun ternyata ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya. Seperti dilansir brilio.net dari eathis, Senin (29/2) berikut ini 17 kebiasaan tak terduga yang bisa bikin kamu cepat gemuk.

1. Makan sambil menonton TV.


foto: dailymail

Sebuah studi dari Universitas Vermont menemukan bahwa orang yang sedang menonton televisi sambil makan malam cenderung untuk makan lebih banyak dan lebih mudah merasa lapar.

2. Melewatkan sarapan.


foto:womagazine

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin sarapan lebih kecil risikonya mengalami obesitas. Melewatkan jadwal sarapan maupun jadwal makan tiga kali sehari dapat mendorong kelaparan berlebih sehingga jadwal makan pun jadi tidak teratur.

3. Konsumsi junk food.


foto: giphy

Makanan jenis junk food sudah diketahui memiliki kandungan lemak maupun kalori berelebih. Jika terus-menerus dikonsumsi bisa saja berat bdanmu akan naik secara drastis.

4. Hobi minum susu campur soda.


foto: giphy

Mencampurkan susu dengan soda memang akan memberikan sensari rasa minuman yang segar. Namun, jangan salah meskipun yang diminum tersebut susu namun ketika dicampur soda kandungan gulanya akan meningkat drastis lho. Maka sebaiknya hindari berlebihan dalam mengkonsumsinya.

5. Makan terlalu cepat.


foto: giphy

Tubuh manusia itu memerlukan waktu sekitar 20 menit agar dapat mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Jika terbiasa makan dengan cepat, kamu akan cenderung untuk makan lebih banyak sebelum sinyal kenyang itu sampai ke otak.

6. Kurang atau terlalu banyak tidur.


foto: giphy

Seperti yang kita tahu, tidur ideal bagi orang dewasa adalah antara 7-8 jam sehari. Menurut penelitian Wake Forest, orang yang tidur kurang dari lima jam sehari akan 2,5 kali lipat lebih memiliki lemak perut, tidak berbeda dengan yang tidur lebih dari delapan jam sehari.

7. Makan makanan gratis di restoran.


foto: pinterest

Breadsticks, biskuit maupun keripik adalah hidangan yang biasa kamu dapatkan gratis di restoran. Meskipun lapar, sebaiknya hindari makan camilan gratis tersebut dan tunggulah sampai makanan utammu datang. Karena dengan makan salah satu diantaranya kamu bisa saja otomatis menambah 150-450 kalori makanan.

8. Konsumsi makanan rendah lemak terus menerus.


foto: atlasdrugandnutrition

Alih-alih menjaga berat badan atau diet, makanan rendah lemak memang terdengar bagus. Biasanya makana rendah lemak hanya akan menghemat beberapa kalori tubuh dan malah membuat tubuh cepat terasa lapar.
 
9. Sering bungkus makanan.


foto: seriouseats

Memilih makan di tempat atau membungkus makanan untuk dibawa pulang ternyata juga memengaruhi berat badan lho Guys. Dari sebuah penelitian Journal of Public Policy & Marketing mengungkapkan bahwa membungkus makanan dapat meningkatkan kalori ekstra. Karena memesan makanan untuk dibawa pulang cenderung membuatmu untuk memesan lebih bahkan dobel.

10. Makan di warung makan prasmanan.


foto: merdeka

Beberapa penelitian menemukan bahwa pengunjung rumah makan prasmanan memungkinkan mengalami obesitas sebesar 15%. melihat begitu banyak pilihan makanan bisa membuatmu tergoda untuk makan berlebih. Hayo, ngaku?

PENYEBAB LAINNYA MUNGKIN BIASA KAMU LAKUKAN. KLIK NEXT

2 dari 2 halaman


11. Minum langsung dari botol plastik sekali pakai.


foto: grist.org

Kebiasaan minum langsung dari botol plastik sebaiknya mulai kamu hindari dan beralilah pada botol minum. Air mineral kemasan sering mengandung Bisphenol A(BPA) yang berdampak negatif bagi kesuburan dan juga meningkatkan obesitas. Maknya, dari pada sering membeli air minum kemasan, lebih baik bawa saja air minum dari rumah dengan botol minuman yang berbahan dasar aman.

12. Memasak terlalu banyak.


foto: sanfordsportsnutrition

Bukan karena kamu masak makanan yang sehat sehingga kamu jadi tidak mengontrol porsimu ya? Ingat! Bahkan minuman yang "diklaim" sehat pun masih memiliki kalori. Jadi pertimbangan porsi masakanmu.

13. Menghindari segala bentuk lemak.


foto: giphy

Meskipun dalam kondisi diet sekalipun, sebaiknya kamu tidak benar-benar tidak makan lemak. Karena lemak akan membantumu menerap vitamin dan juga menjaga kita kenyang lebih lama.

14. Makan dengan piring yang besar.


foto:ejnoble.org

Sebuah study mengungkapkan bahwa 98,6% obesitas disebabkan oleh makan makanan dari piring besar. Makanan yang disajikan dengan piring besar membuat yang makan merasa ingin makan lagi dan lagi.

15. Kegemukan menular dari teman.


foto: giphy

Gemuk itu menular? Penelitian dari Journal of Medicine menunjukkan ketika seseorang memiliki teman yang gemuk, orang tersebut memiliki kemungkinan sebanyak 57% terkena kegemukan pula. Ini adalah hubungan dengan kebiasaan nongkrong atau hangout serta makan-makanan sembarangan yang "ditularkan" teman.

16. Menggunakan kartu kredit.


foto: nsbank

Studi yang dilakukan Visa Mastercard terhadap 100.000 transasksi restoran fast food, menunjuukan hasil bahwa orang yang membayar menggunaka kartu kredit akan berbelanja 30% lebih banyak dari mereka yang menggunakan uang tunai.

17. Makan ketika emosi.

Makan ketika sedang emosi atau emotioanl eating adalah makan bukan karena sedang lapar melainkan sebagai pelampiasan emosi. Dari study Universitas ALbama orang yang makan ketika sedang emosi memiliki kemungkinan 13 kali lipat mengalami obesitas dibanding yang tidak makan saat emosi. Nah, untuk mengatasainya jika dirimu sedang emosi dan mendorongmu untuk makan alihkan dengan minum satu gelas air putih maupun mengunyah permen karet.