×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

0

BRILIO » Life

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Teh ternyata bisa bersihin kaca, bikin kaki nggak bau, dan bikin kantong matamu kempes!

18 / 04 / 2015

Brilio.net - Banyak orang suka minum teh, baik saat waktu senggang atau sesudah makan. Nah, apakah teh hanya berguna untuk minuman saja?

Dikutip brilio.net dari laman dailymail.co.uk, Jumat (17/4), berikut manfaat teh dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, kita cek!

1. Bikin rambut berkilau

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Teh hijau dapat membuat rambutmu tampak berkilau, guys. Jadi, teh hijau itu tidak teroksidasi selama waktu yang dibutuhkan oksidasi teh hitam. Oksidasi sendiri adalah proses kimia yang terjadi ketika daun 'rusak' dan dibiarkan secara alami berubah menjadi cokelat. Nah, karena teh hijau tidak mengalami proses oksidasi terlalu lama, maka masih banyak elektron-elektron tertinggal di daunnya sehingga warnanya tetap hijau. Elektron inilah yang membantu rambutmu lebih bersinar.

Cara yang perlu kamu lakukan adalah rendam tiga teh hijau celup dalam ember kecil air mendidih lantas biarkan dingin. Setelah itu, lepaskan bungkus teh celup dan cucilah rambut dengan air teh hijau tersebut. Biarkan selama 10 menit, baru cucilah rambutmu.

2. Menggelapkan atau menghitamkan rambut

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Ingin menghadiri pesta dengan rambut terurai indah tapi tidak sempat ke salon? Kamu cukup memanfaatkan teh hitam untuk menggelapkan rambutmu lebih indah.

Caranya adalah campurkan tiga cangkir teh hitam ke dalam panci yang berisi setengah liter air mendidih. Biarkan sampai air berubah menjadi cokelat tua. Lantas, saringlah daun teh dan biarkan sampai dingin. Usai itu, kamu bisa memakainya setelah keramas. Biarkan selama 15 menit kemudian bilaslah. Ulangi cara ini bila benar-benar ingin menggelapkan rambut.

3. Mengatasi kantong mata

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Berkantong mata menjadi hal yang meresahkan bagi banyak wanita. Kantong di bawah mata disebabkan oleh retensi atau penimbunan cairan karena berbagai faktor, seperti stres, alkohol, alergi, dan perubahan hormon. Nah, kafein yang terkandung di dalam teh dapat mempersempit pembuluh darah di bawah kulit sehingga kantong mata bisa menyusut. Sehingga kesan membengkak di mata juga bisa hilang.

Cara yang perlu kamu lakukan adalah celupkan dua kantong teh celup ke air hangat. Kemudian tempelkan teh celup itu di mata yang tertutup. Biarkan selama 10 menit. Pasti matamu akan terasa segar sekali.

4. Pembersih karpet

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Karpetmu butuh penyegaran dan pembersihan? Ikuti cara ini!

Taburkan serpihan teh di atas karpet. Semprotkan sedikit air dari botol penyemprot ke atas teh tersebut. Sikat ringan karpet tersebut. Diamkan selama 15 menit. Selesai itu, bersihkan dengan vacuum cleaner (atau bisa juga sapu lidi penebah) untuk membersihkan semua kotoran (termasuk serpihan teh) dan bau di karpetmu.

Langkah ini bekerja dengan baik karena bintik-bintik kecil teh basah bertindak sebagai pengangkat serat dari debu dan kotoran yang menempel di karpet. Nah, aroma teh sendiri bisa bertindak menjadi penyegar aroma karpet itu sendiri.

5. 'Obat' terpapar sinar matahari

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Kulit terasa terbakar setelah seharian beraktivitas di bawah sinar matahari? Kamu bisa mendinginkannya dengan teh celup basah.

Letakkan teh celup basah tersebut di bagian tubuh yang terasa panas tadi. Sensasi dinginnya bisa bikin kulitmu adem. Atau, kamu juga bisa merendam kain ke dalam seduhan teh celup, kemudian setelah diperas, bisa kamu gunakan mengompres bagian kulit yang terasa terbakar tadi.

Cara ini manjur karena teh, terutama teh hijau, mengandung katekin (golongan senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan, berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas) yang bisa mengurangi suhu kulit, sehingga mengurangi sensasi terbakar.

Kamu juga bisa menggunakan teh camomile karena mengandung fitonutrien yang disebut flavonoid yang memiliki sifat antioksidan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, terutama untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari terik. Selain itu juga memungkinkan untuk menyembuhkan dengan cepat dan alami.

6. Menyembuhkan ruam bekas bercukur

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Jika ketiak kamu perih setelah bercukur, taruhlah teh celup dingin di sana. Tahanlah selama 5 menit. Kandungan katekin dalam teh akan meredakan sensasi perih tersebut dan mencegah ruam (bintil-bintil merah pada kulit) yang biasanya muncul akibat pisau cukur tumpul. Nah, untuk area cukuran kaki yang menimbulkan rasa perih, kamu bisa menggunakan kain yang telah direndam dengan air teh untuk mengompres kakimu.

7. Membuat daging lebih lembut

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Tanin dalam teh adalah polifenol (senyawa yang ditemukan dalam banyak tumbuhan dan tanaman). Dia memecah molekul dalam daging sehingga bisa menjadi lembut dan mudah dipotong. Kamu hanya perlu menempatkan 4 sendok teh daun teh hitam dalam air hangat dan biarkan selama 5 menit. Lantas saringlah daun teh dan buanglah.

Tambahkan satu sendok teh gula merah dengan air teh tadi (tenang saja, gula merah ini akan memecah unsur tanin dalam teh sehingga daging tidak akan terasa rasa tehnya). Kalau sudah, tempatkan daging di loyang dan tuangkan cairan teh dan gula merah ke atasnya. Diamkan selama setengah jam. Lantas, masaklah sesuai keinginanmu.

8. Pembersih kaca

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Ingin kaca riasmu kinclong kembali? Kamu cukup merendam beberapa teh celup dalam seember kecil air selama beberapa menit. Kemudian rendam kain ke dalamnya. Lalu, pakailah kain itu sebagi lap cermin kamu. Hal ini terbukti bekerja karena asam tanat atau tanin dari teh dapat mengatasi kotoran dan lemak sehingga cermin kembali berkilau.

9. Menyuburkan mawar

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Asam tanat dalam teh sangat disukai mawar. Kamu bisa menaburkan serpihan teh di semak-semak mawar. Nutrisinya akan terserap ke dalam tanah tempat mawar itu tumbuh.

10. Meredakan sensasi injeksi

12 Rahasia manfaat teh yang bisa banget kamu gunakan sehari-hari

Setelah kamu mendapatkan suntikan, kamu bisa menempatkan teh celup dingin ke bekas suntikan itu. Kandungan katekin dalam daun teh bisa meredakan rasa ngilu tersebut.

11. Mengatasi bau kaki
Seharian memakai sepatu, pasti terasa lembab dan bisa bau banget. Maka dari itu, daripada mahal-mahal melakukan perawatan, kamu cukup merendam kaki ke dalam rendaman air teh hangat. Kamu hanya perlu merendam sekitar tiga teh celup ke dalam air hangat selama 20 menit. Lalu, rendamlah kakimu di sana.

Asam tanat yang terkandung dalam teh hitam dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki, menutup pori-pori kaki, dan mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan. Selain itu, zat katekin dan theaflavin yang terkandung dalam teh yang sudah teroksidasi (teh hitam) bisa melawan infeksi jamur. Hal ini sudah umum dipraktikkan untuk kaki para atlet.

12. Mengatasi jerawat
Bermasalah dengan wajah berjerawat? Gunakan saja teh hijau. Kandungan benzoil peroksida dapat menghentikan produksi sebum yang menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga muncul jerawat.

Caranya adalah kompreslah jerawatmu dengan teh hijau celup basah ke jerawatmu. Atau, cucilah wajahmu dengan secangkir seduhan teh hijau tersebut. Ulangilah setiap hari untuk hasil terbaik.

Well, guys, ternyata teh bermanfaat banyak sekali, ya. Selamat mencoba!




Social media banner
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more