1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Rizky Mandasari 15 Desember 2016 17:16

Sering ngiler saat tidur? Yuk coba atasi dengan 12 cara jitu ini

Akibatnya terbentuklah 'pulau-pulau nan indah' di bantalmu.
foto: istockphoto.com

Brilio.net - Setiap orang pasti punya kebiasaan yang berbeda-beda saat tidur. Ada yang ngorok maupun ngiler saat tidur. Nah, kamu juga termasuk nggak di golongan orang-orang yang saat tidur kebiasaannya ngorok atau ngiler? Tentunya punya kebiasaan seperti ini sangat mengganggu. Terutama kebiasaan buruk ngiler saat tidur, akibatnya terbentuklah 'pulau-pulau nan indah' di bantalmu.

Nah, kamu yang punya kebiasaan buruk ini pasti ingin tahu kan bagaimana cara mengatasinya? Yuk disimak 12 cara jitu mengatasi ngiler saat tidur yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (15/12):


1. Minum segelas air putih.

Minum segelas air putih sebelum tidur, selain menyehatkan juga bisa membantu rongga mulut dalam keadaan lembap. Mulut yang kering merupakan alasan utama mengapa bisa ngiler saat tidur.

2. Melatih pernapasan.

Sering melatih pernapasan nggak cuma mengurangi stres, tetapi juga bisa membantu pernapasan menjadi lancar melalui hidung. Ketika hidung tersumbat, otomatis saat tidur kamu akan bernapas lewat mulut di mana bisa menyebabkan ngiler saat tidur.

3. Menambah ketinggian bantal.

Cobalah menambah ketinggian bantal, dengan cara ini tidurmu bakal lebih nyaman dengan posisi telentang. Dengan beberapa bantal yang cukup tinggi bikin air liurmu nggak mudah jatuh.

4. Tidur dengan posisi telentang.

Tidur dengan posisi telentang sangat bagus, karena sesuai dengan gaya gravitasi yang ada di bumi. Hal inilah yang bisa mencegah ngiler saat tidur.

5. Jangan makan makanan asam sebelum tidur.

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi makanan asam akan memproduksi air liur lebih banyak. Dengan begitu ketika makan makanan asam sebelum tidur bisa menyebabkan ngiler.

6. Menjauhi makanan pedas sebelum tidur.

Nggak cuma makan makanan asam yang harus kamu jauhi, makanan pedas juga perlu kamu hindari. Makanan pedas juga memberi efek yang sama seperti makanan asam, memproduksi air liru lebih banyak dari biasanya.

BRILIO VIDEO

Ibu-Ibu Kena Gendam, Perhiasan Dilucuti Di Pinggir Jalan
Duh teganya dua orang ini. Mereka menipu ibu-ibu dan melucuti perhiasannya. Kita perlu selalu waspada ya guys!

7. Menghindari obat-obatan.

Ketika kondisi badan sedang nggak sehat, pastinya sebelum tidur kamu akan minum obat supaya keesokannya bisa pulih. Namun ternyata, ada beberapa jenis obat tertentu yang kalau diminum bisa menyebabkan kelenjar air liur meningkat.

8. Istirahat cukup dan teratur.

Ngiler juga bisa disebabkan karena kondisi yang ekstra lelah dan kurang tidur lho. Untuk itu beristirahatlah yang cukup dan teratur agar nggak ngiler saat tidur.

9. Mengoleskan minyak esensial.

Minyak esensial seperti Eucalyptus dan Rose merupakan bahan alami yang bisa kamu oles di area hidung sebelum tidur. Minyak ini dapat mencegah sinus, dan juga bisa memberikan efek tenang dan rileks saat tidur.

10. Gunakan baskom berisi air panas.

Gunakan baskom yang diisi air panas dan minyak aroma terapi, hiruplah uap panas sambil ditutup dengan handuk area kepala agar uap tidak kemana-mana. Cara ini bisa memberikan efek lega pada hidung dan pernapasan pun semakin lancar.

11. Jangan tidur dengan posisi tengkurap.

Tidur menyamping saja nggak dianjurkan, apalagi tidur dengan posisi tengkurap. Meskipun dalam posisi tengkurap sekalipun, posisi kepalamu kan tetap miring. Hal ini juga bisa bikin kamu ngiler saat tidur lho.

12. Periksa ke dokter.

Kalau semua cara sudah dicoba dan masih juga ngiler saat tidur, beranikan diri untuk ke dokter. Berkonsultasilah dengan dokter tentang kebiasaan yang sangat mengganggu ini. Mungkin saja terjadi suatu kondisi medis tertentu dengan tubuhmu.

 

 

(brl/swh)

YOU MAY ALSO LIKE

Kocaknya Bapak-Bapak Main Rebutan Kursi
Menjadi dewasa bukan berarti bisa dengan mudah melupakan masa kecilnya. Keseruan masa kecil akan terpantik saat orang memainkan kembali permainan yang dulu dimainkannya.
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    33%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Sering ngiler saat tidur? Yuk coba atasi dengan 12 cara jitu ini.
Akibatnya terbentuklah 'pulau-pulau nan indah' di bantalmu.
https://www.brilio.net/kesehatan/sering-ngiler-saat-tidur-yuk-coba-atasi-dengan-12-cara-jitu-ini-161215d.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?