Brilio.net - Daun sirih (Piper betle) adalah daun berwarna hijau tua berbentuk hati yang termasuk dalam famili Piperaceae. Sejak zaman kuno, masyarakat di India telah menggunakan daun sirih dalam ritual keagamaan karena dianggap membawa keberuntungan. Daun sirih tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih daunnya tunggal dan berbentuk jantung, ujungnya runcing, tumbuh secara berselang-seling, memiliki tangkai, dan akan mengeluarkan bau yang sedap jika diremas. Daun sirih yang juga dikenal sebagai “paan ka patta” ini memiliki rasa yang kuat, menyengat dan aromatik serta banyak digunakan sebagai penyegar mulut.

Daun sirih mengandung banyak air di dalamnya, sehingga daun sirih rendah akan lemak dan hanya memiliki kalori sekitar 0,4-1% per 100 gram lemak serta 44 per 100 gram kalori.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan lain yang ada pada daun sirih, seperti flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenoli, minyak atsiri, 3% per 100 gram protein, 3,4 mcg per 100 gram iodine, 1,1-4,6% per 100 gram sodium, 1,9-2,9 mg per 100 gram vitamin A, 13-70 mcg per 100 gram vitamin B1, 1,9-30 mcg per 100 gram vitamin B2, dan 0,63-0,89 mg per 100 gram asam nikotinat.

Manfaat daun sirih dikenal sebagai obat herbal sejak zaman kuno. Air rebusannya bisa atasi masalah pernapasan, diabetes hingga antikanker. Penasaran dengan manfaat apa saja pada daun sirih yang bisa kamu dapatkan?

Simak berikut 37 Manfaat daun sirih buat kesehatan dan kecantikan, serta penggunaannya yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (9/12).

Manfaat daun sirih untuk kesehatan.

daun sirih untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Analgesik.

Daun sirih adalah analgesik yang sangat baik, bantuan instan dari rasa sakit. Ini dapat digunakan dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam, dan lain sebagainya. Caranya tumbuk halus beberapa lembar daun sirih hingga jadi pasta. Oleskan pada bagian yang sakit.

2. Meringankan sembelit.

Daun sirih dapat membantu kinerja antioksidan untuk membersihkan radikal bebas dari tubuh. Mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi sakit perut. Dilansir dari Ayurveda, mengonsumsi air campuran daun sirih dapat meringankan sembelit. Caranya hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minumlah air di pagi hari saat perut masih kosong.

3. Melancarkan sistem pencernaan.

Sifat karminatif, usus, anti perut kembung dan untuk sifat-sifat daun sirih lainnya dapat membantu melindungi usus. Daun sirih bekerja untuk meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

4. Mengurangi masalah pernapasan.

Daun sirih banyak membantu dalam mengobati masalah sakit dada, paru-paru dan asma. Caranya oleskan sedikit minyak mustard pada daun, panaskan dan letakkan di dada untuk menyembuhkan masalah pernapasan. Kamu juga bisa merebus beberapa daun dalam air, tambahkan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk menghilangkan masalah pernapasan.

5. Antiseptik dan antijamur.

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Itu juga digunakan secara luas dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

6. Menghentikan mimisan.

Bukan jadi rahasia lagi kalau daun sirih sering digunakan untuk menghentikan pendarahan hidung atau mimisan. Kandungan fenil popies dan terpene daun sirih inilah yang jadi kunci utama. Cara penggunaan daun sirih untuk mimisan ialah kamu cukup menggulung daun ini jadi kecil, lalu masukkan ke lubang hidung yang sedang mimisan.

7. Mengobati batuk.

Jangan pernah remehkan sakit batuk, karena penyakit ini dapat juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu manfaat dari daun sirih ialah untuk mengurangi masalah batuk. Caranya, cuci bersih 5 lembar daun sirih lalu rebus dengan 300 ml air. Tunggu beberapa menit sampai air mendidih. Setelah itu minum air rebusan saat hangat.

8. Meredakan sakit perut.

Daun sirih merah mengandung terpenoid dan lavikula yang sangat berguna untuk mengatasi sakit perut. Caranya sangat mudah, cukup rebus 7 lembar daun sirih merah dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian minum rebusan daun sirih merah tersebut.

9. Mengobati bronkitis.

Daun sirih dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit bronkitis. Caranya cuci bersih 5-7 lembar daun sirih, lalu rebus dengan air 300 ml. Tunggu hingga mendidih, lalu minum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa konsumsi minuman ini tiga kali sehari.

10. Mengobati gusi berdarah.

Tidak hanya untuk menghentikan mimisan hidung, daun sirih juga bisa menghentikan pendarahan pada gusi. Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Caranya cuci bersih, lalu rebus 10 lembar daun sirih merah. Kemudian gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

11. Mengobati tumor.

Daun sirih juga dipercaya mampu mengobati penyakit berat, tumor misalnya. Karena senyawa yang ada di dalam daun sirih dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh juga akan mampu menghancurkan zat-zat karsinegok atau tumor di dalam tubuh.

12. Obat asam urat.

Daun sirih juga bisa jadi obat meredakan nyeri otot. Karena itu dengan meminuman secara rutin rebusan daun sirih, bisa membantu mengurangi asam urat secara alami. Caranya cuci dan rebus 8 lembar daun sirih dengan 500 ml air. Tuang rebusan air jadi tiga gelas, minum satu gelas 3 kali sehari.

13. Mengobati jantung koroner.

Nggak hanya mampu mencegah tumor, tapi juga bisa jadi obat penyakit jantung. Caranya cuci bersih lalu haluskan tiga lembar daun sirih merah. Campurkan dengan 7 butir cabai jawa, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Lalu tuangi air mendidih. Tunggu sampai endapan turun. Kemudian minum airnya dua kali sehari.

14. Melawan kanker sumsum tulang belakang.

Salah satu manfaat daun sirih yang tak banyak orang tahu ialah mampu melawan kanker, terutama kanker sumsum tulang belakang. Menurut penelitian Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai, daun sirih mampu meningkatkan harapan hidup bagi pasien kanker sumsum tulang.

15. Menyehatkan mata.

Daun sirih punya sifat anti bakteri dan antiinflamasi. Kamu bisa mendapatkan mata sehat, jauh dari berbagai penyakit gatal hanya dengan memanfaatkan daun sirih ini. Caranya mudah, cuci bersih dan rebus 20 lembar daun sirih hijau atau merah, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

16. Mengobati pembengkakan payudara.

Bagi ibu yang menyusui masalah ini merupakan masalah yang wajar. Kandungan senyawa allylprokatecol dan carvacrol mampu merenggangkan otot-otot payudara yang meradang. Caranya cukup dengan membakar daun sirih merah dan menempelkannya pada payudara selama daun masih hangat.

17. Menyembuhkan sakit kepala.

Jika kamu menderita sakit kepala parah, daun sirih bisa menyelamatkanmu. Karena daun sirih punya sifat pendinginan yang memberikan bantuan instan dari rasa sakit ketika diterapkan secara eksternal (dari luar).

18. Mencegah karsinogen yang mengarah pada kanker mulut.

Mengunyah daun sirih dipercaya dapat mencegah kanker mulut, karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Caranya cuci bersih lalu rebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit. Tambahkan madu ke dalam air tersebut. Minum ini setiap hari secara rutin.

19. Membantu mengobati diabetes.

Beberapa komponen dan kandungan yang terdapat di daun sirih dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Karena itu daun sirih dipercaya mujarab untuk mengatasi penyakit diabetes. Cukup rebus beberapa lembar daun sirih, lalu konsumsi air rebusan secara teratur.

20. Mengobati pneumonia.

Pneumonia adalah salah satu masalah saluran pernapasan. Air rebusan daun sirih merah dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati pneumonia. Dengan meminum air rebusan sirih merah sebanyak 5-7 lembar setiap hari, maka perlahan pneumonia akan sembuh.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan.

daun sirih untuk kesehatan & kecantikan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

21. Mengobati jerawat.

Sifat antiinflamasi dan antibakteri dalam daun sirih sangat bagus untuk mengobati gejala jerawat. Cara menggunakannya mudah, kamu hanya perlu mencuci wajah dengan rebusan air sirih.

Atau oleskan pasta daun sirih dan kunyit ke wajahmu. Tunggu beberapa menit, lalu bersihkan wajah sampai bersih. Lakukan ini dua kali sehari, terutama setelah kamu sampai di rumah.

22. Mengatasi rambut rontok.

Daun sirih digunakan dalam praktek Ayurveda untuk masalah yang berkaitan dengan rambut rontok. Kamu dapat menggunakannya di rumah untuk menangani masalah rambut rontok.

Kamu membuat ramuan perawatan ini sendiri dengan cara menggiling daun sirih dengan minyak wijen sampai halus. Lalu jadikan sebagai masker rambut antirontok. Oleskan ke semua bagian kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Setelah itu cuci bersih menggunakan sampo ringan dan keringkan rambutmu seperti biasa.

23. Menurunkan berat badan.

Banyak wanita ingin mendapatkan tubuh cantik dan ideal. Kamu bisa mendapatkan hasil itu menggunakan daun sirih. Dengan mengonsumsi daun sirih, dapat bermanfaat meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Sehingga sistem sekresi pencernaan akan lancar, buang air besar pun juga bisa setiap hari. Dengan begitu, racun yang ada di dalam tubuh akan hilang, badan pun akan lebih langsing.

24. Mencegah komedo.

Sifat antiinflamasi dan antibakteri pada daun sirih memang ampuh untuk mengatasi segala masalah kulit. Komedo menjadi salah satu masalah yang umum dan sering terjadi. Tak perlu pusing, kamu bisa mengandalkan daun sirih untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini.

Caranya rebus beberapa lembar daun sirih, lalu tunggu sampai airnya dingin. Kemudian gunakan air rendaman tersebut untuk membasuh wajahmu.

25. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat.

Jerawat membandel memang masalah yang menyebalkan untuk semua orang. Namun saat ini kamu bisa mengatasi sisa flek hitam dan bekas jerawat hanya dengan daun sirih. Karena senyawa yang ada pada daun sirih dapat memudarkan hiperpigmentasi akibat sinar ultraviolet, jerawat, maupun pemakaian kosmetik.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuk beberapa daun sirih, lalu tambahkan air jeruk nipis. Rendam handuk atau kain lembut, lalu kompres wajah menggunakan rendaman campuran daun sirih dan air jeruk nipis tadi.

26. Mengangkat kotoran pada wajah.

Selain mencegah jerawat dan dapat menghilangkan bekasnya, daun sirih juga dapat mengangkat kotoran dan debu pada wajah. Gunakan daun sirih untuk membasuh wajahmu secara alami.

Caranya campurkan perasan air daun sirih dengan sedikit air kunyit kental. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu bilas wajah seperti biasa sampai bersih.

27. Mengurangi bau badan.

Daun sirih mengandung estradiol dan klavikula. Dua kandungan tersebut dapat mengurangi bau badan yang berlebih. Karena estradiol dan klavikula mampu mengatur produksi hormon di kelenjar keringat. Kamu hanya perlu mengonsumsi rebusan daun sirih ini secara rutin.

28. Mengusir bau mulut.

Kecantikan tidak hanya berasal dari luar tubuh saja, melainkan juga dari dalam. Hal ini berkaitan juga dengan masalah bau mulut. Alasan mengapa daun sirih dimakan setelah makan malam ternyata untuk mengusir bau mulut.

Daun sirih adalah penyegar mulut alami. Kamu bisa terlepas dari bau mulut dengan cepat dan menyembuhkan masalah mulut lainnya juga. Pada zaman kuno, itu digunakan untuk mencegah rongga dan pendarahan gusi.

29. Mengatasi penumpukan air di bawah kulit.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat secara berlebihan seperti alkohol dan garam, dapat membentuk penumpukan air di bawah kulit. Akibatnya perutmu akan terlihat lebih buncit dan pipi lebih tembem dari biasanya.

Untuk mengatasi masalah ini secara alami, kamu bisa memanfaatkan daun sirih. Karena daun sirih sendiri bersifat diuretik yang dapat membantu meluruhkan cairan. Caranya tumbuk sedikit daun sirih, peras airnya, lalu campur dengan air hangat secukupnya.

30. Meredakan gatal-gatal.

Khasiat daun sirih yang lainnya adalah memberikan efek 'tenang' bagi kulit. Kamu bisa terhindar dari rasa gatal akibat alergi atau gigitan serangga.

Caranya rebus 10 daun sirih, lalu angkat dari api tepat saat daun sudah layu. Campurkan air rendaman daun sirih ke dalam bak mandi. Lalu berendamlah di dalam air tersebut. Sifat antiinflamasi daun ajaib akan mengurangi rasa gatal dan bengkak.

31. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat daun sirih lainnya bisa membuat pori-pori pada wajah menjadi kecil karena daun sirih memiliki kandungan senyawa antiseptik yang ada di dalamnya. Caranya, haluskan terlebih dahulu daun sirih lalu oleskan daun sirih ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit dan bersihkan. Lakukan ini pada malam hari sebelum tidur agar kamu bisa beristirahat dengan wajah terbebas dari krim malam apapun.

32. Mencerahkan kulit.

Air rebusan daun sirih yang masih muda mampu membantu mencerahkan wajah yang kusam secara alami. Lakukan ritual cuci muka dengan air rebusan daun sirih secara teratur kurang lebih selama 1 bulan dan lihat hasilnya.

33. Mengatasi kulit berminyak.

Daun sirih juga bisa mengatasi kulit berminyak. Caranya, siapkan 10 lembar daun sirih muda, lalu rebus dengan satu liter air. Diamkan sampai hangat dan gunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci wajah setiap malam sebelum tidur.

34. Membersihkan vagina.

Masalah pada bagian intim wanita, dapat mengganggu rasa kepercayaan diri seseorang. Adanya bau tak sedap, rasa gatal, keputihan, dan masalah lainnya dapat diatasi dengan daun sirih.

Sudah lama daun sirih dipercaya dapat membuat kesat vagina. Cara menggunakannya mudah, rebus beberapa daun sirih. Tunggu hingga air rebusan dingin. Lalu gunakan air tersebut untuk membilas vagina setelah buang air kecil atau mandi.

35. Mengeringkan luka pada wajah.

Kandungan senyawa yang dimiliki daun sirih seperti antiinflamasi dan antibiotik dapat juga mengeringkan luka yang diakibatkan jerawat yang dipencet sembarangan, tergores dan sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, haluskan daun sirih terlebih dahulu lalu balurkan daun sirih yang telah dihaluskan tadi pada wajah dan diamkan selama 30 menit agar dapat mempercepat proses pengeringan pada luka.

36. Mengurangi keputihan.

Keputihan dapat disebabkan infeksi bakteri, seperti gonococcus, chlamydia, trachomatis, infeksi jamur seperti candida dan infeksi parasit seperti trichomonas vaginalis, serta adanya infeksi virus seperti condylomata acuminata dan herpes. Keputihan juga dapat terjadi karena kurang terjaganya kebersihan diri sehingga timbul jamur atau parasit. Selain itu bisa disebebkan adanya benda asing yang dimasukkan secara sengaja atau tidak ke dalam vagina misalnya tampon, obat atau alat kontrasepsi.

Dikutip dari jurnal skala husada, setelah menggunakan rebusan air daun sirih terjadi perubahan hingga sebesar 94,38%. Artinya, rebusan daun sirih efektif mengatasi keputihan fisiologi pada perempuan.

Rebusan air daun sirih sangat bermanfaat karena senyawa eugenol dapat mematikan jamur candida albicans sebagai penyebab keputihan. Selain itu kandungan tannin berperan sebagai astringen untuk mengurangi sekresi cairan pada liang vagina.

37. Meredakan asma.

Asma merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan. Daun sirih memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengobati dan mencegah asma kambuh.

Dilansir dari Healthy Guide, peneliti telah menemukan bahwa aktivitas antihistamin daun sirih dapat menurunkan kasus asma bronkial. Selain itu, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu meredakan asma.

Caranya dengan merebus daun sirih menggunakan air hingga mendidih, kemudian minum hasil rebusan tersebut secara rutin kira-kira 2-3 kali dalam sehari.

Mgg: FENI LISTIYANI

(brl/guf)