Brilio.net - Tumbuhan memang memiliki banyak khasiat. Bahkan, manfaatnya pun bisa berbeda di tiap bagiannya. Akar, batang, daun, mempunyai fungsinya masing-masing serta memiliki manfaat bagi makhluk hidup lainnya.

Seperti pada tanaman sirih yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Sering kita mendengar bahwa daun sirih sangat ampuh untuk menghentikan kondisi mimisan. Selain itu, banyak produk yang memakai daun sirih sebagai bahan alami untuk membersihkan organ kewanitaan.

Sirih, adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tak jarang, sirih biasa dikunyah bersama gambir, pinang, kapur, dan tembakau. Hal ini biasa dilakukan oleh nenek moyang kita pada masa lampau, atau bahkan kebiasaan ini masih bisa kita temui di pedesaan. Kebiasaan mengunyah daun sirih dengan gambir, pinang, dan lainnya bisa dibilang merupakan budaya Indonesia.

Namun, mengunyah sirih bersama dengan kapur, pinang, dan sebagainya telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut. Selain itu, kapur membuat pengerutan gusi yang bisa membuat gigi tanggal, meskipun daun sirihnya mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang.

Dalam dunia kesehatan, daun sirih memang memiliki banyak kegunaan. Karena pada dasarnya, sirih digunakan sebagai tanaman obat yang sangat berperan dalam kehidupan. Saat hidung kita berdarah atau mimisan, daun sirih yang digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.

Loading...

Sirih memiliki kandungan minyak atsiri yang mengandung minyak terbang, seskuiterpen, pati, diatase, zat samak, gula, dan kavikol yang mempunyai daya mematikan kuman, fungisida dan antioksida, dan antijamur. Bahkan, daun sirih juga dipercaya mampu mengobati batuk, sariawan, dan asma.

Sirih memang memiliki banyak sekali khasiat, tidak hanya bagi penderita penyakit tertentu, sirih juga bermanfaat bagi wanita hamil. Tidak hanya saat mengandung, sirih juga tetap eksis memberi manfaat bagi wanita pasca melahirkan. Cukup rebus daun sirih untuk menjadi obat alami yang dikonsumsi oleh para ibu hamil.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat daun sirih untuk wanita hamil dan pasca melahirkan, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/12).

1. Menghilangkan gatal pada organ intim.

manfaat daun sirih untuk wanita hamil © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hanhanny

Rebusan daun sirih mampu mengatasi rasa gatal yang muncul pada organ intim ibu hamil. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur, atau kelembaban pada organ intim. Namun tak usah khawatir, kamu bisa menggunakan daun sirih untuk mengobati kondisi ini.

Caranya, cukup rebus 10 lembar daun sirih dalam 3 gelas air bersih. Setelah mendidih dan airnya berubah warna menjadi kecokelatan, kamu bisa menyaring atau menyisihkan daunnya dan airnya. Setelah suhunya hangat, kamu pun bisa memakai air rebusan tersebut untuk membersihkan area kewanitaan.

2. Mengatasi keputihan.

manfaat daun sirih untuk wanita hamil © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lucysompie

Keputihan merupakan hal yang wajar yang dialami oleh perempuan, terutama bagi ibu hamil yang telah memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga. Kondisi ini biasa dialami sebelum atau sesudah menstruasi jika sedang tidak hamil. Namun, keputihan juga bisa dialami saat hamil, keputihan memiliki gejala seperti bau dan warna cairan putih. Oleh karena itu, saat hamil sebaiknya atasi dengan mengonsumsi rebusan daun sirih karena mengandung antijamur dan antiseptik yang sangat baik.

Cukup lakukan secara wajar dan tidak berlebihan, maksimal minum satu gelas sehari sekali. Jika kondisi ini tetap berlangsung selama 2 hari berturut-turut dan belum ada perbedaan, maka lebih baik untuk mengonsultasikannya pada dokter kandungan segera. Selain diminum, kamu juga bisa menggunakan air sirih untuk membersihkan area kewanitaan.

3. Mengatasi masalah kelebihan ASI.

manfaat daun sirih untuk wanita hamil © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dyah_pratitasari

Tidak hanya saat hamil, daun sirih juga bisa mengatasi kelebihan ASI pasca melahirkan. Dengan rebusan daun sirih, potensi ASI yang berlebihan pada ibu hamil bisa menjadi berkurang. Daun sirih mampu mengendalikan kandungan ASI dalam jumlah cukup, tidak berlebih dan tidak kurang. Maka dari itu, disarankan untuk diminum secara berlebihan dan rutin.

4. Obat sariawan dan bau mulut.

manfaat daun sirih untuk wanita hamil © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@hanhanny

Sariawan bisa melanda siapa saja dan dari berbagai usia termasuk pada saat hamil. Tentu kondisi ini akan membuat kita tidak nyaman dan sangat mengganggu, karena saat sariawan sudah tentu kita akan kesulitan dan menjadi tidak nafsu makan karena sakit saat mengunyah. Oleh karena itu, kamu pun bisa menggunakan daun sirih sebagai obat untuk mengatasi kondisi ini. Cukup gunakan rebusan daun sirih untuk berkumur dua kali sehari secara rutin.

5. Menghilangkan keringat berlebih.

manfaat daun sirih untuk wanita hamil © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Pada saat hamil trimester ketiga, biasanya ibu hamil akan mengalami keringan berlebih. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan daun sirih. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan daun sirih yang telah dipanaskan dan layu ke area tubuh untuk menghilangkan bau badan yang tak sedap. Hal ini bisa kamu terapkan saat hamil maupun pasca melahirkan saat mengalami keringat berlebih.

6. Mengatasi kram pada persendian.

manfaat daun sirih untuk wanita hamil © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@raes_world_03

Saat hamil, umumnya kamu akan mengalami nyeri atau kram di bagian persendian. Oleh karena itu, kamu bisa meminum air rebusan daun sirih untuk meredakan rasa nyeri dan kram di bagian persendian. Cukup minum rebusan daun sirih satu gelas dalam sehari.

Reporter: Hameda Rachma