Brilio.net - Berwarna kuning, mengandung banyak air, dan memiliki rasa yang asam, mungkin inilah yang dapat menggambarkan mengenai jeruk nipis. Kamu mungkin sering menggunakan jeruk nipis untuk melepaskan rasa haus di siang hari, dengan mencampurkan segelas air es. Kesegaran ini dijamin dapat membuat mata kembali segar.

Selain itu jeruk nipis juga sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan juga menghilangkan bau amis pada ikan. Tak hanya itu, kelebihan jeruk nipis juga dapat dijadikan sebagai obat berbagai macam penyakit. Yang paling sering dipraktikkan adalah mencampur jeruk nipis dengan satu sendok kecap. Hal ini diyakini beberapa orang dapat meredakan batuk.

Faktanya, jeruk nipis juga dapat mengatasi permasalahan lambung seperti maag lho. Sepertinya memang tidak meyakinkan. Karena rasa asam pada jeruk nipis dianggap sebagian masyarakat hanya akan memperparah kondisi lambung yang bermasalah.

Jeruk nipis memiliki beberapa kandungan yang justru dapat meredakan permasalahan lambung. Nah untuk kamu yang terserang maag, boleh disimak nih rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Senin (19/11) mengenai manfaat jeruk nipis untuk lambung atasi maag.

1. Menetralkan dan menyeimbangkan asam di lambung.

Loading...

Manfaat jeruk nipis untuk lambung © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Rasa asam pada jeruk nipis sering dijadikan alasan beberapa orang dengan penyakit maag tidak ingin mengonsumsi buah ini. Padahal, ketika masuk di dalam lambung, kandungan jeruk nipis ini akan menjadi alkali. Jeruk nipis dapat menetralkan dan menyeimbangkan asam yang ada di lambung. Bahkan di Amerika Serikat, banyak ahli pengobatan yang menjadikan jeruk nipis sebagai komplementer pengobatan lambung.

2. Zat perangsang produksi lendir pada permukaan lambung.

Manfaat jeruk nipis untuk lambung © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Penelitian di Brasil menyebutkan bahwa jeruk nipis memiliki zat perangsang produksi lendir pada permukaan lambung. Dari penelitian tersebut diketahui, lendir yang dihasilkan dari rangsangan yang ditimbulkan air jeruk nipis membentuk perlindungan pada dinding lambung. Dan hal ini bermanfaat untuk menghindari kerusakan yang dikarenakan adanya geseskan pada lambung.

3. Kaya akan zat antioksidan.

Manfaat jeruk nipis untuk lambung © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan. Zat ini dapat membentuk perlindungan yang dapat melindungi jaringan tubuh yang rusak. Maka, manfaat jeruk nipis untuk maag ini dapat menyebuhkan dinding lambung yang mengalami kerusakan. Namun juga perlu dipastikan, kamu tidak memiliki larangan dari dokter dalam mengonsumsi jeruk nipis.

4. Mengandung berbagai vitamin dan nutrisi.

Manfaat jeruk nipis untuk lambung © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Buah yang mudah ditemukan di sekitar kita ini juga memlilki kandungan berbagai vitamin dan nutrisi. Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis ialah vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin B6, kalsium, kalium, magnesium, dan juga terdapat asam pantotenat.

5. Melegakan perut.

Manfaat jeruk nipis untuk lambung © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Terkadang perut sering terasa kembung dan begah, tentu hal ini dapat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Jangan khawatir, karena jeruk nipis dapat menjadi salah satu solusi alaminya. Kandungan berbagai vitamin yang terdapat pada jeruk nipis hampir mirip seperti yang ada di dalam lemon. Namun jeruk nipis mengandung lebih banyak acid atau asam. Hal ini rupanya dapat menetralisasi kondisi lambung menjadi basa. Kemudian ini juga dapat membantu memecah makanan dan gas yang terperangkap dalam usus. Hasilnya, perut yang kembung akan mengempes dan kamu akan merasakan kenyamanan lagi.

Cara membuatnya

Kalau kamu sudah mengetahui berbagai manfaat jeruk nipis, lebih baik kamu juga bisa memahami beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam mengolah jeruk nipis. Tentu bahan dan alat yang diperlukan tidak sulit untuk dicari. Dan berikut beberapa ramuan yang dapat kamu coba untuk mengatasi permasalahan lambung.

1. Untuk cara pertama kamu bisa mencampurkan jeruk nipis ke dalam air hangat matang. Kalau kamu kurang suka dengan rasa dari ramuan ini kamu juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis sebagai bahan tambahan dalam green smoothies agar rasanya menjadi lebih segar. Untuk green smoothies ini kamu bisa menggunakan bayam yang dicampur pisang, yoghurt, dan jeruk nipis. Untuk menghindarkan dari rasa bosan, kamu juga bisa menggantinya dengan ramuan alpukat dengan jeruk nipis.

2. Cara kedua ini sangat simpel. Untuk kamu yang suka mengonsumsi teh, kamu bisa menambahkan jeruk nipis ke dalam tehmu. Yang lebih sederhana lagi, kamu bisa mencampurkan jeruk nipis hanya dengan air putih. Coba untuk meminumnya setelah makan, hal ini dapat menghilangkan rasa eneg, sekaligus mengatasi perut kembung.

3. Saat ini sedang tren mengonsumsi infused water. Ramuan segar ini cocok untuk membuatmu menjadi lebih bugar. Kamu bisa membuatnya dengan cara mencuci bersih lemon, jeruk nipis, dan mentimun. Kemudian potong bahan ini sesuai selera. Masukkan ke dalam air matang yang ada di dalam pitcher. Simpan saja ramuan ini semalaman di dalam kulkas. Mudah kan?

4. Mengatasi perut kembung dapat dengan berbagai cara. Cobalah dengan ramuan jahe dan jeruk nipis, hal ini selain mengatasi permasalahan perutmu juga sekaligus memberi kehangatan pada perut. Caranya kupas dan cuci bersih jahe, lalu perut dan potong hingga kecil dan membentuk seperti adonan halus. Campurkan satu sendok teh jahe tadi dengan satu sendok perasan jeruk nipis dalam segelas air hangat.