×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

6 Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa

foto: today.com

Jangan anggap sepele ketika maag menyerang saat bulan puasa.

26 / 04 / 2019 14:01

Brilio.net - Penyakit maag bukan penyakit asing bagi sebagian besar orang, pasalnya tak sedikit orang yang mengeluh menderita penyakit ini. Maag merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan sangat umum terjadi. Seseorang yang menderita penyakit maag akan merasakan rasa nyeri pada bagian lambung.

Pada umumnya sakit maag disebabkan akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung. Orang akan merasakan nyeri, mual dan muntah setelah makan. Seseorang yang menderita penyakit maag selalu dianjurkan untuk makan teratur dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Bagi penderita maag, jangan anggap sepele ketika maag menyerang, pasalnya jika dibiarkan akan sangat berbahaya. Sangat dianjurkan jika seseorang yang memiliki penyakit maag, untuk selalu menjaga kesehatan dan peduli dengan jenis makanan yang mereka makan. Terutama menjelang bulan Ramadan, tak sedikit orang mengeluh sakit maag kambuh di siang hari.

Hal ini tentunya sangat mengganggu seseorang yang ingin menjalankan ibadah puasa. Seseorang akan diberikan dua pilihan jika hal itu terjadi, tetap melanjutkan puasanya hingga saat berbuka atau harus segera berbuka demi kesehatan mereka. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar puasa tetap aman. Seperti apa? Berikut lansiran brilio.net, Jumat (26/4).

1. Kenali penyebab maag

Loading...

Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa istimewa

foto: pixabay.com

Penyebab penyakit maag setiap orang berbeda-beda, ada yang disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, mengonsumsi banyak makanan berlemak, stres dan sebagainya. Kamu harus tahu apa yang menyebabkan maag kamu bisa kambuh, dengan begitu kamu tahu cara mengatasinya dan menjalani puasa jauh lebih nyaman.

2. Lakukan banyak kegiatan selama bulan puasa

Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa istimewa

foto: pixabay.com

Salah satu penyebab maag adalah stres, agar terhindar dari stres, ada baiknya kamu melakukan banyak kegiatan, misalnya dengan mengerjakan sesuatu atau beribadah. Dengan begitu kamu akan merasa lupa dengan berbagai hal dan fokus dengan yang kamu kerjakan. Selain menghindari maag kambuh, puasa juga menjadi tidak terasa.

3. Usahakan selalu sahur

Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa istimewa

foto: pixabay.com

Bagi kamu penderita maag, jangan pernah mengabaikan sahur. Wajib bagi kamu untuk selalu sahur agar puasa kamu bisa berjalan dengan baik tanpa harus menderita sakit maag pada siang hari.

4. Konsumsi makanan yang kaya serat saat sahur

Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa istimewa

foto: pixabay.com

Ketika sahur, pastikan untuk tidak mengonsumsi sembarang makanan. Kamu yang memiliki penyakit maag harus lebih teliti dalam memilih makanan. Salah satunya adalah makanan kaya serat, seperti sayur, kacang-kacangan, beras, agar-agar, dan gandum. Makanan yang kaya akan serat biasanya mengandung karbohidrat kompleks. Jenis ini membutuhkan waktu yang lambat untuk diserap ke dalam sistem tubuh.

5. Perbanyak minum air putih ketika sahur dan berbuka

Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa istimewa

foto:pixabay.com

Nah bagi kamu yang kerap mengonsumsi kopi, teh dan soda, sebaiknya selama bulan puasa untuk tidak mengonsumsinya. Perbanyak minum air putih akan sangat baik untuk kamu yang menderita penyakit maag. Jika kamu bisa rutin menjaga kesehatan, maka puasamu akan aman.

6. Berbuka tepat waktu

Cara ampuh atasi maag kambuh saat bulan puasa istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu adalah seorang pekerja yang kerap disibukkan dengan berbagai pekerjaan atau kerap berada di jalan saat menjelang buka puasa karena terjebak macet, pastikan untuk menyediakan makanan berbuka, agar kamu tidak menunda-nunda waktu berbuka puasa.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more