Brilio.net - Melihat pola hidup yang tidak sehat membuat penyakit banyak sekali menyerang tubuh. Apalagi ditambah dengan makan yang tidak teratur membuat penyakit maag seringkali menyerang.

Saat maag datang seringkali. Kita merasa asam lambung naik. Namun bila sudah sangat akut jangan dibiarkan begitu saja, karena bisa jadi kamu terdeteksi penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

"Kalau asam lambung aja itu maag. Tapi kalau sudah merasa panas seperti terbakar di bagian kerongkongan atau dikenal eehgan heartburn dan mulut terasa pahit itu terdiagnosis GERD," ujar Spesialis Penyakit Dalam, dr Ari fahrial dalam acara peluncuran aplikasi GERDQ di Jakarta, Kamis (16/11).

GERDQ © 2017 brilio.net

Rupanya, penyakit GERD ini memang masih sangat awam bagi masyarakat Indonesia. Padahal penyakit ini dapat mempengaruhi kehidupan dari 22,8 hingga 25 persen orang Indonesia yang menjalani endoskopi.

Loading...

"Sebanyak 60 persen pasien dilaporkan mengalami gangguan tidur, 33 persen menyatakan GERD mengganggu produktivitas mereka saat bekerja, 50 persen pasien mengatakan menjadi lebih sensitif, dan lebih dari 80 persen pasien merasakan kehilangan kenikmatan makan," paparnya.

Oleh sebab itu, Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia (PGI) dan AstraZeneca ini membuat sebuah aplikasi bernama GERDQ. GERDQ ini merupakan aplikasi berisi kuisioner yang diisi oleh pasien dan dalam pengawasan dokter untuk mengidentifikasi dan manajemen pasien dengan GERD.

GERDQ © 2017 brilio.net

"Aplikasi ini untuk mendiagnosis secara lebih awal. GERDQ berisi gabungan tiga kuisioner yang terdiri dari pertanyaan empat gejala dan dampak dalam kehiduopan sehari-hari," ucap Medical Director AstraZeneca Indonesia dr. Andi Marsali.

Di samping itu, aplikasi GERDQ juga digunakan untuk memonitor respons terapi dan menentukan apakah pasien sudah menggunakan terapi yang teoat untuk gejala yang dialami.

Nah bagi kamu ingin mengetahui apakah diri kamu terdektekai GERD, kamu bisa coba menggunakan aplikasi GERDQ ini. Aplikasi ini bisa kamu download di App Store dan Playstore.