Brilio.net - Sepatu karet yang dipopulerkan oleh brand Crocs memang nyaman dipakai. Bentuknya yang variatif serta yang enteng digunakan membuatnya jadi primadona. Bahkan selebritis hingga Kate Middleton pun nggak malu pakai sepatu jenis ini.

Meski ringan dipakai namun nyatanya sepatu jenis justru menyimpan bahaya bagi kesehatan. Menurut ahli penyakit kaki asal Chicago Dr Megan Leahy seperti dilansir brilio.net, mengatakan sepatu karet tak cocok digunakan setiap hari.

BACA JUGA: 7 Perubahan kaki ini bisa jadi indikasi masalah kesehatan

Meskipun desainnya memiliki banyak lengkungan dan ringan tapi tidak aman untuk tumit. "Ketika tumit tidak stabil jari kaki cenderung akan mengubah fungsinya untuk menopang beban badan. Jika hal ini terjadi setiap hari bukan nggak mungkin akan memicu masalah kaki hingga kecacatan," terangnya.

Presiden dari American Academy of Podiatric Sport Medicine, Dr.Alex Kor juga menambahkan sering mendapati pasien yang mengeluhkan nyeri tumit akibat penggunaan sepatu karet. Maka dari itu Dr Alex menyarankan waktu yang aman menggunakan sepatu karet hanya 8-10 jam per minggu.

(brl/swh)

(brl/swh)