×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Makanan pereda sakit maag, alami tanpa efek samping & murah

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

9 Makanan pereda sakit maag, alami tanpa efek samping & murah

foto: medicalnewstoday.com

Jika kamu menderita penyakit maag, penting untuk makan secara rutin dan jeli dalam memilih makanan.

22 / 03 / 2019 05:32

Brilio.net - Hampir sebagian besar orang pernah menderita sakit maag. Sakit maag atau dispepsia adalah gejala penyakit berupa rasa nyeri dan panas pada lambung yang terjadi akibat sejumlah kondisi. Penyakit ini sebenarnya dihasilkan setiap kali seseorang minum atau makan. Jika dalam keadaan normal, lambung akan bekerja dengan baik dalam mencerna makanan. Namun tahu kah kamu, makan terlalu banyak dan terburu-buru ternyata dapat menyebabkan sakit maag dan sakit asam lambung?

Sakit maag merupakan luka yang terbuka pada lapisan dalam lambung, sehingga menyebabkan rasa perih yang cukup menyiksa. Kamu bisa langsung konsultasi ke dokter dan mengonsumsi beberapa obat yang telah diberikan. Namun jika sakit berlangsung lama dan terus-menerus dan disertai gejala muntah-muntah, sulit menelan, dan berat badan turun tanpa sebab, maka itu harus diwaspadai dan kamu harus segera mendapatkan pertolongan dari dokter.

Jika kamu memiliki penyakit maag, sangat dianjurkan untuk makan secara rutin dan jeli dalam memilih makanan. Meski terkadang sangat berat bagi penderitanya yang tak boleh mengonsumsi berbagai jenis makanan, namun untuk sementara waktu demi kesembuhan kamu harus menjalaninya. Nah jika kamu tak ingin sakitmu berlangsung lama dan maka beberapa jenis makanan alami berikut ini bisa menjadi obat terbaik dari pada kamu harus minum obat dari dokter.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan sakit maag dan membuatnya secara bertahap akan sembuh. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/3).

1. Pisang.

Loading...

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Pisang memiliki tekstur yang lembut, sehingga sangat mudah dicerna oleh lambung. Bagi kamu penderita asam lambung atau maag, mengonsumsi pisang adalah pilihan yang tepat. Pasalnya pisang bisa memberikan rasa kenyang dan dapat menstabilkan asam lambung. Kamu bisa mengonsumsinya saat maag kambuh dan pastikan untuk tidak makan makanan yang dapat memicu sakit maag, seperti pedas dan lainnya.

2. Jahe.

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Jahe bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami untuk meredakan sakit maag. Mengenai jahe sendiri di dunia kesehatan sudah tidak diragukan lagi fungsinya untuk meningkatkan kebugaran tubuh manusia. Jahe juga bisa digunakan untik mengatasi masalah pencernaan, termasuk mulas. Kamu bisa mengonsumsi dengan cara menyeduh jahe dengan air hangat. Maka secara alami sakit maag yang kamu rasakan akan mereda.

3. Kentang rebus.

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Saat sakit maag sedang melanda, maka makanan yang baik untuk kamu konsumsi adalah kentang rebus, pasalnya kentang rebus bersifat alkali dan akan menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga bisa memberikan rasa kenyang yang cukup, sehingga kamu tak perlu makan banyak. Dengan begitu rasa sakit akan berkurang.

4. Teh hijau.

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Teh hijau juga memberikan rasa nyaman pada lambung ketika kamu mengonsumsinya. Jika asam lambung melanda, segeralah untuk mengonsumsi teh herbal, agar sakit cepat mereda.

5. Lidah buaya.

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Lindah buaya tak hanya berfungsi untuk kecantikan saja, namun dapat memberikan efek baik untuk mengatasi sakit maag. Saat ini orang tak perlu repot untuk mengonsumsinya, karena Aloe vera tersedia dalam bentuk suplemen. Namun jika kamu ingin yang alami, kamu dapat meraciknya sendiri. Dengan mengonsumsi lidah buaya, dapat mengurasi risiko sakit maag dan mencegah produksi asam lambung berlebih.

6. Pepaya.

Makanan pereda sakit maag istimewa

oto: pixabay.com

Sepeti yang sudah banyak diketahui orang bahwa pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan. Tak hanya itu saja, pepaya juga mengandung asam asetat dan asam askorbat sebagai obat tukak lambung. Seseorang yang menderita sakit maag bisa menjadikan pepaya sebagai salah satu makanan wajib yang harus dikonsumsi.

7. Kelapa muda.

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Kelapa muda memberikan efek baik untuk kesehatan tubuh seseorang, terlebih mereka yang memiliki penyakit maag. Di mana air kelapa dapat mempertahankan suhu tubuh agar tetap normal dan menghambat peradangan di lambung.ika diminum secara rutin, manfaatnya dapat dirasakan kira-kira setelah 2 minggu. Air kepala juga dapat menghilangkan radikal beracun dalam tubuh.

8. Daging.

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu menderita maag, lebih baik untuk memilih daging tanpa lemak. Saat mengolahnya, pastikan untuk tidak menggorengnya. Kamu bisa mengolahnya dengan cara memanggang atau memasaknya. Daging akan memberikan rasa kenyang dan nyaman untuk lambungmu.

9. Melon.

Makanan pereda sakit maag istimewa

foto: pixabay.com

Melon merupakan jenis buah yang banyak disukai orang. Kandungan antioksidan, kalium dan mineral di dalamnya sangat baik untuk meredakan rasa sakitnya. Kamu bisa memakannya secara langsung atau dalam bentuk jus.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more