Brilio.net - Unta disebut kapal padang pasir di masa lalu, memainkan peran vital di wilayah Timur Tengah selama ribuan tahun. Hewan ini mempengaruhi setiap aspek kehidupan sehari-hari dengan menyediakan transportasi, makanan, dan tempat tinggal bagi para kafilah.

Tapi unta juga digunakan untuk balapan yang kompetitif. Balap unta adalah olahraga tradisional dan saat ini sangat digilai oleh keluarga kerajaan Arab. Olahraga yang telah ada selama berabad-abad itu mendapat sentuhan teknologi.

Karena pengendara anak dilarang pada tahun 2002, robot kecil sekarang sering digunakan sebagai pengganti manusia sebagai jokinya. Robot dengan berat tidak lebih dari 4 kg dengan cambuk kecil otomatis yang dioperasikan oleh remote kontrol memungkinkan pemiliknya mengirimkan perintah agar unta terus berlari.

"Pemikiran yang bagus untuk memasang robot pada seekor unta muda. Sebelum dulu adalah pembalap muda," kata pemilik unta balap Al Marzooqi dikutip CNN, Selasa (8/8). Nah, agar lebih jelas yuk simak fakta-fakta lewat deretan foto balap unta yang digilai pangeran Arab ini dihimpun dari nwitimes.com:

1. Panjang lintasan biasanya bervariasi antara 1,5 dan 8 kilometer.

Loading...

balap unta nwitimes.com

2. Unta balap telah dijinakkan untuk waktu yang sangat lama.

balap unta nwitimes.com

3. Unta balap mendapatkan perawtan khusus setiap minggu dan mengikuti diet khusus.

balap unta nwitimes.com

4. Beberapa pelatih memberi madu unta mereka.

balap unta nwitimes.com

5. Biaya rata-rata untuk memelihara seekor unta di sini adalah 4.000-5.000 Dirham atau 1.000- USD 1.300 per bulan (Rp 13 jutaan-17 jutaan).

balap unta nwitimes.com

6. Hadiah balap unta ini capai USD 2 juta atau setara Rp 26 miliar.

balap unta nwitimes.com