×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
20 Gunung terindah di Pulau Jawa, bikin kamu ingin mendakinya

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

20 Gunung terindah di Pulau Jawa, bikin kamu ingin mendakinya

Banyak gunung di Jawa yang memiliki pemandangan indah dan memesona.

17 / 08 / 2019 10:01

Brilio.net - Indonesia memiliki banyak sekali gunung dengan pemandangan indah dari Sabang hingga Merauke. Namun di pulau Jawa sendiri memiliki ratusan gunung yang tersebar di beberapa wilayah dan memiliki pemandangan yang eksotik. Banyak orang datang dan sengaja ingin menikmati suasana alam dari puncak gunung.

Mendaki gunung memang membutuhkan tenaga dan fisik yang kuat. Namun dengan usaha untuk mencapai puncak, seorang pendaki akan merasa terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan alam. Tak heran jika banyak orang menggemari hobi mendaki gunung ini. Hamparan awan putih yang luas serta sambutan mentari yang indah dapat kamu saksikan di atas puncak.

Banyak gunung di Jawa yang memiliki pemandangan indah dan memesona. Sebagian orang memilihnya untuk menghabisakan waktu berlibur dengan berwisata ke gunung. Untuk kamu yang ingin dan tertarik mendaki gunung, 20 gunung terindah di Pulau Jawa ini bakal bikin kamu ingin mendakinya. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (16/8).

1. Gunung Ijen.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@mytraval

Gunung Ijen berada di ujung Jawa Timur dianatara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Di gunung ini kamu dapat melihat fenomena blue fire atau api biru yang hanya ada di Ijen. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dan mengunjungi tempat ini. Selain itu jika kamu mendakinya pada dini hari, maka bukan hanya blue fire yang dapat kamu saksikan melainkan juga keindahan sunrise yang epik dari puncak ijen. Kawah ini berada di ketinggian 2.368 mdpl dan merupakan bagian dari Gunung Ijen.

2. Gunung Semeru.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ferdhirizki

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini terkenal dengan pemandangannya yang memesona dan membuat banyak pendaki ingin kembali mendakinya. Gunung yang terletak diwilayah Lumajang dan Malang, Jawa Timur, ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Salah satu pemandangan yang paling terkenal adalah Danau Ranukumbolo. Danau ini berada di ketinggian 2.400 Mdpl, di sini kamu juga dapat menyaksikan sunrise.

3. Gunung Bromo.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@fluffy_lea

Gunung Bromo masih berada dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tak berbeda jauh dengan pemandangan Gunung Semeru yang indah, Bromo menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas. Gunung ini tidak terlalu tinggi, kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Selain itu kamu juga dapat berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda.

4. Gunung Prau.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@jo.chryst

Gunung Prau berada di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Ketinggian Gunung ini sekitar 2.590 mdpl dan terkadang suhunya bisa mencapai -5 derajat. Pemandangan yang tersohor dari gunung ini yaitu golden sunrise yang luar biasa memesona, bahkan banyak orang yang mengatakan golden sunrise di Gunung Prau adalah terbaik se Asia Tenggara. Gunung ini cocok untuk para pemula, karena pendakian hanya membutuhkan 2-3 jam saja.

5. Gunung Sindoro.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pesona.sindoro

Gunung Sindoro memeiliki ketinggian 3.153 mdpl, yang berlokasi di wilayah antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah. Salah satu keunikan yang paling mencolok dari gunung ini adalah puncaknya. Puncak Gunung Sindoro berbeda dari puncak-puncak gunung tinggi di Pulau Jawa lainnya, yaitu memiliki puncak yang sangat luas. Tempat ini menjadi salah satu camping ground favorite para pendaki yang datang.

6. Gunung Merapi.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@outdoor.sc

Gunung Merapi yang terkenal paling aktif di Indonesia ini masuk dalam 3 wilayah Kabupaten Sleman, Boyolali dan Klaten. Gunung ini memiliki ketinggian 2.930 mdpl. Pesona Gunung merapi ini menjadikannya salah satu objek wisata gunung yang paling populer di Jogja yang diakui sangat memesona dan eksotis. oleh para pendaki dan wisatawan umum.

7.Gunung Merbabu.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@adventurecantik

Selin Gunung Merapi, gunung alin yang indah yaitu Gunung Merbabu. Gunung ini berada di ketinggian 3.145 mdpl dan berada di antara perbatasan Kabupaten Magelang, Boyolali serta Semarang. Gunung Merbabu menyajikan pemandangan keindahan sabana yang dapat kita nikmati dari lereng-lereng puncak. Di sabana terakhir sebelum puncak, pemandangan semakin indah dengan bunga-bunga edelweis yang tumbuh di lereng-lereng bukit. Mendaki Gunung Merbabu kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang megah tepat dihadapan mata.

8.Gunung Papandayan.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@papandayantrip

Gunung Papandayan terletak di Garut Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 mdpl ini nenawarkan pemadangan yang indah, bahkan banyak yang mengatakan bahwa Gunung Papandayan ini merupakan gunung terindah di Jawa Barat. Salah satu spot terfavorit yang memiliki pemandangan indah adalah hutan mati, selain itu di sini juga terdapat kawah serta kebun bunga edelweis.

9. Gunung Gede.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@khristyasti

Gunung Gede juga merupakan gunung yang favorit di Jawa Barat. Tempat yang indah di Gunung Gede adalah alun-alun Suryakencana. Tempat ini merupakan padang rumput yang dipenuhi bunga edelweis. Alun-alun Suryakencana berada di ketinggian 2.750 mdpl. Gunung Gede sendiri berada di kawasanTaman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selain Gunung Gede di kawasan taman nasional ini juga terdapat gunung Pangrango. Gunung ini terletak di antara 3 wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

10. Gunung Patuha.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mundhary

Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah putih adalah bagian dari Gunung patuha yang lebih dikenal daripada Gunung Patuha itu sendiri. Danau kawah dengan warna toska tersebut menjadi sebuah tempat favorit banyak orang. Gunung ini memiliki tinggi 2.386 mdpl.

11. Gunung Sumbing.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@batharabanyu

Gunung Sumbing yang berada di sebelah Gunung Sindoro ini juga memiliki pesona yang sangat indah. Gunung ini mendapat julukan "Tripel S" oleh pendaki, yaitu Sumbing, Sindoro dan Slamet. gunung sumbing memiliki ketinggian 3.371 mdpl merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

12. Gunung Welirang.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@arjuno.welirang

Gunung ini terletak diantara perbatasan Kabupaten Malang dan Mojokerto. Gunung ini memiliki ketinggian 3.156 mdpl. Gunung Welirang terkenal dengan belerangnya yang menakjubkan. Kebanyakan penduduk di setempat adalah pengumpul batuan belerang.

13. Gunung Argopuro.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dcarooo

Gunung yang meiliki tinggi 3.088 mdpl ini memiliki puncak Rengganis. Puas di puncak kamu bisa melanjutkan turun lewat jalur Baderan di mana kamu dapat menemukan padang sabana bernama Cikasur. Satwa-satwa seperti babi hutan, rusa dan merak dapat dengan mudah kamu temui. Gunung Argopuro berada di Probolinggo ini terkenal angker. Namun gunung ini memiliki keunikan yang memikat, kamu bisa menemukan Taman Hidup yang memiliki panorama indah.

14. Gunung Lawu.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lawumountain

Gunung Lawu masih tergolong ramah untuk pendaki pemula. Gunung ini menjulang tinggi 3.265 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini juga menjadi salah satu tempat wisata ziarah terutama pada bulan Suro. jalur yang terkenal ada dua, yaitu lewat Cemoro Kandang di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah atau Cemoro Sewu di Sarangan, Jawa Timur.

15. Gunung Kelud.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@wisatablitar

Gunung Kelud berada diperbatasan Kota Malang,Kediri dan Blitar. Di gunung ini terdapat danau dengan kawah hijau toska yang terlihat begitu menawan. Ada juga wisata airr panas yang yang turut menambah daya tarik Gunung Kelut. Sajian pemandangan yang indah serta akses jalan yang terbilang bagus akan membuatmu kagum. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.731 mdpl.

16. Gunung Butak.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@lupa_kasinama

Berbeda dengan gunung di Jawa Timur lainnya, Gunung Butak masih jarang dijamah para pendaki karena masih minim informasi tentang gunung ini. Meski demikian Gunung Butak memiliki pemandangan savana yang menarik. Berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Blitar, Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl. Dari puncaknya kamu bisa melihat Gunung Arjuno, Welirang, dan Mahameru.

17. Gunung Andong.

Gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah adalah gunung bertipe perisai dengan ketinggian sekitar 1.463 mdpl. Walaupun tak setinggi gunung pada umumnya, gunung Andong tetap menarik untuk didaki. Karena, memiliki pemandangan yang keren dan jalur yang mudah ditempuh. Cocok sekali untuk yang baru pertama kali mendaki gunung.

18. Gunung Ungaran.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pangeraann_

Gunung ungaran yang berada di Semarang, Jawa Tengah memiliki tinggi 2.050 mdpl. Gunung Ungaran memiliki tiga puncak yakni Gendol, Botak, dan Ungaran. Kamu bisa melihat Semarang secara keseluruhan dan jajaran gunung lainnya dari Puncak Ungaran, seperti Gunung Sumbing, Telomoyo, Merbabu, Merapi sumbing dan Sindoro.

19. Gunung Malabar.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@

Gunung Malabar termasuk dalam deretan gunung Terindah di Jawa Barat, lokasinya berada di daerah selatan Bandung dengan ketinggian 2.343 mdpl. Gunung ini terletak diantara barisan gunung yang membentang di sepanjang wilayah Bandung. Jika kamu sampai puncak saat cuaca cerah, kamu dapat melihat pemandangan seluruh Kota Bandung, Tangkuban Perahu dan Bukit Tunggul dari sini.

20. Gunung Ciremai.

Gunung terindah © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@gunung_ciremai

Gunung ini memiliki banyak sebutan, ada Cereme dan Ciremai. gunung ini terletak di Provinsi Jawa Barat terletak di Kabupaten Majalengka, dengan ketinggian 3.078 mdpl. Gunung ini juga memiliki keunikan karena memiliki dua kawah. Di bagian gunung didominasi hutan pinus sedangkan di bagian atas didominasi hutan alami.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more