Brilio.net - Suara gemericik air mampu bikin orang betah berlama-lama mendengarkan. Oleh para psikolog, digunakan sebagai terapi agar tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Sebenarnya mengapa Sebenarnya mendengar suara gerakan air bisa bikin tenang dan nyaman? Yuk ikuti penjelasannya berikut ini.

Orfeu Buxton, peneliti dari Live Science menuturkan bahwa suara gemericik air bisa mempengaruhi pikiran seseorang agar tetap tenang, nyaman dan tidak khawatir dengan keadaan. Selain itu, suhu udara di sekitar juga akan terasa mendukung suasana damai tersebut.

Sedangkan menurut ahli biologi kelautan Wallace J. Nichols, rasa tenang ketika dekat dengan air adalah naluri umum seorang manusia. Hal ini mendorong orang-orang untuk membangun lingkungan air di area rumah untuk mendapat ketenangan.

Cherry Hadibroto dan Don WS, penulis buku Kolam Hias serta Rahasia Kebun Asri menuturkan, air yang jatuh secara teratur dan terus menerus mampu mengalihkan fokus pendengaran kita dari bunyi-bunyi tak nyaman. Namun otak berpikir berbeda ketika mendengar suara air yang keras. Suara hujan badai misalnya, cenderung menghadirkan ketakutan.

Jadi, sering-sering aja dengarin debur ombak di laut, gemericik air di sungai, atau rintik hujan, guys!

(brl/red)

(brl/red)

(brl/red)